Cara Membersihkan Kaca Helm yang Benar Agar Tidak Lecet
Cari Berita

Advertisement

Cara Membersihkan Kaca Helm yang Benar Agar Tidak Lecet

Jundi Alfaruqi
Selasa, 27 November 2018

Kaca/visor adalah bagian penting pada helm yang berfungsi untuk melindungi wajah dari benda-benda asing seperti debu, pasir kerikil, serangga dan lain-lain yang dapat masuk ke dalam helm sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bahkan cedera.

Cara Membersihkan Kaca Helm yang Benar Agar Tidak Lecet

Tak hanya kenyamanan saja yang terganggu, kotoran yang menumpuk terlalu lama pada permukaan kaca helm akibat jarang dibersihkan dapat mengakibatkan kaca jadi lebih cepat rusak. Oleh sebab itu, maka kebersihan kaca haruslah di jaga secara rutin dengan cara yang benar.

BACA JUGA: Sudah Menggunakan Flat Visor, Berikut Spesifikasi dan Harga Helm KYT NF-R Full Face Terbaru

Untuk membersihkan kaca, sebenarnya anda tidak membutuhkan peralatan atau bahan khusus yang mahal, karena anda dapat melakukannya sendiri menggunakan benda-benda yang ada disekitar anda. Berikut ini adalah 5 benda yang bisa anda gunakan untuk membersihkan kaca helm lengkap dengan panduannya.

1. Dengan sabun

Anda bisa menggunakan sabun atau sampo. Namun jangan gunakan terlalu banyak sabun, gunakan sedikit saja. Caranya:

Lepaskan kaca terlebih dahulu dari helm - Basahi seluruh permukaan kaca yang sudah dilepas dengan air - Usap kaca secara perlahan menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air sabun - Lakukan secara berulang sampai tidak ada lagi kotoran yang tertinggal - Sekarang bilas kaca menggunakan air bersih - Lalu lap kaca menggunakan kain kering lembut yang bersih dengan lembut hingga kering - Jika sudah kering, pasang kembali kaca ke helm.

2. Dengan odol

Selain sabun, anda juga bisa menggunakan odol untuk membersihkan kaca helm. Caranya,

Lepas kaca dari helm - Siram permukaan kaca dengan air untuk menjatukan kotoran kasar yang bisa menimbulkan lecet pada kaca - Oleskan odol secukupnya ke jari anda atau langsung ke permukaan kaca - Gosok odol dengan jari tangan hingga merata - Biarkan odol mengering lalu bersihkan menggunakan kain lap lembut yang bersih sampai tidak ada lagi odol yang tersisa - Pasang kembali kaca helm.

BACA JUGA: Ini Dia Kaca Helm yang Bisa Dipakai Siang Malam

3. Dengan minyak kayu putih

Minyak kayu putih diyakini mampu menyamarkan retakan dan lecet ringan di permukaan kaca plastik. Untuk membersihkan kaca helm dengan minyak kayu putih ini cara nya sama dengan cara sebelumnya. Yang perlu diperhatikan adalah saat mengelap kaca helm dengan kain lap, pastikan lap yang anda gunakan adalah lap bersih dan lembut.

4. Dengan autan

Cara selanjutnya adalah menggunakan autan. Ya, obat nyamuk cair yang biasa dioles kebadan ini juga bisa anda gunakan sebagai alternatif untuk membersihkan kaca helm yang kotor. Untuk caranya, silahkan ikut panduan sebelumnya yakni dengan odol. Namun penggunaan autan tidak disarankan terlalu sering karena cairan ini memiliki zat asam yang dikhawatirkan dapat merusak kaca.

5. Dengan Sanpoli

Sanpoli adalah cairan khusus yang memang dipergunakan sebagai cairan pembersih untuk mebersihkan kaca, body motor, alumunium dan lainnya. Cairan ini juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan sisa-sisa bekas lem stiker yang menempel. Cara membersihkan kaca helm dengan sanpoli sama dengan cara membersihkan kaca helm menggunakan odol.

Kaca helm memiliki dua sisi, sisi dalam dan sisi luar, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sisi bagian luar lalu kemudian baru setelah itu bagian dalamnya. Tips untuk memudahkan anda membersihkan bagian dalam kaca, anda bisa meletakkan kaca di permukaan yang rata yang telah di alas sebuah kain agar sisi luar kaca tidak lecet.

Sedikit tips untuk merawat kaca helm adalah jika helm tidak dipakai jangan biarkan helm terjemur di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama. Lap kaca setelah terkena air hujan dengan kain bersih yang halus. Sebaiknya gunakan lensa tear off untuk kaca jika kaca helm anda sudah tear off ready.

BACA JUGA: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Tear Off di Helm Harian