,

Kacamata Goggle Roll Off Aksesoris Helm Motocross yang Wajib Kamu Punya

Jundi Alfaruqi
12 Nov 2022, 22:35 WIB Last Updated 2022-11-12T15:41:07Z
aksesoris helm motocross


Sebagai offroader, debu, pasir dan lumpur seakan sudah menjadi sahabat yang setia menemani di lintasan. oleh sebab itu helm motorcross dilengkapi kaca goggle untuk melindungi wajah terutama mata dari berbagai masalah seperti lumpur dan pasir.


Goggle Roll Off adalah kaca goggle untuk helm cross yang dilengkapi dengan Tear Off Roll. Tear Off Roll memiliki fungsi yang sama seperti Tear Off pada kaca helm balap yakni sebagai pelindung visor dari segala gangguan yang bisa mengganggu visibiltas rider.


Tapi Tear Off Roll memiliki cara kerja yang berbeda dengan Tear Off pada visor helm balap. Jika  Tear Off pada helm balap ditarik lalu dibuang, pada Tear Off Roll digulung. 


bagian-bagian goggle roll off


Pada tear off roll terdapat tali dan tabung disisi kiri dan kanan yang menempel pada goggle. Pada tabung sebelah kiri sebagai tempat penyimpanan gulungan tear off yang masih baru, sedangkan tabung sebelah kanan sebagai tempat gulungan tear off roll yang sudah kotor (bekas pakai).


Untuk cara penggunaannya, setelah tear off roll terpasang, terdapat tali di sebelah kanan, apabila tear off sudah kotor dan penglihatan sudah sulit karena visor dipenuhi kotoran, lumpur dan sebagainya, tarik tali tersebut untuk menggulung tear off roll yang sudah kotor ke tabung sebelah kanan hingga tear off berganti dengan yang baru dan visor pun kembali bersih dan penglihatan menjadi jernih kembali. 


tear off roll


Bagaimana kalau gulungan tear off nya habis? Jangan khawatir, gulungan tear off ini ukurannya panjang, cukup untuk menemani aktifitas Motocross dan kalau habis, roll off ini bisa diisi ulang atau bisa dibeli lagi.


Untuk melihat lebih jelas penggunaan, cara kerja dan cara pasang tear off pada goggle roll off bisa tonton video di bawah ini :


Sistem roll pada tear off goggle roll off ada dua macam. Pertama secara manual dengan cara menarik tali di kaca goggle seperti yang sedang kita bahas ini. Lalu yang kedua secara otomatis dengan sistem elektrik yaitu dengan menekan tombol yang terhubung ke goggle roll off melalui sebuah kabel yang mana tombol tersebut diletakkan di dekat stang motor. Pada saat dibutuhkan, rider cukup menekan tombol tersebut dan tear off roll secara otomatis akan menggulung sendiri.

tear off roll elektrik
Tear Off Roll Elektrik


Untuk harga satu buah kaca goggle roll off bervariasi tergantung merk. Goggle Leatt Velocity 5.5 Roll Off dibanderol Rp. 1.170.000, sudah termasuk tear off roll dalam paket pembeliannya. 


Sedangkan merk SCOTT PROSPECT lebih murah, yakni 290.000 rupiah. Jadi, sesuaikan dengan budget masing-masing.