,

Perbedaan Helm Motocross dan Supermoto

Jundi Alfaruqi
11 Nov 2022, 10:30 WIB Last Updated 2022-11-11T09:28:18Z

Secara desain memang terlihat sama tapi, tahukah kalau helm Motocross dan Supermoto memiliki karakter yang sangat berbeda? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut:


1. Topi Helm Motocross Lebih Panjang


topi helm motorcross lebih panjang daripada helm supermoto


Kedua helm ini sama-sama memiliki topi atau peak tapi, topi milik helm motocross lebih besar dan lebih panjang.


Topi panjang dan besar pada helm motocross berfungsi sebagai pelindung yakni sebagai penghalang dari kerikil, pasir, dan lumpur agar tidak terkena wajah.


topi helm supermoto lebih pendek daripada helm motocross


Pada helm supermoto bagian topi atau peak pada umumnya cenderung lebih pendek dan fungsinya lebih kepada untuk pelindung sinar uv (anti uv protection).


2. Pelindung Mulut (chin bar) Helm Motocross Lebih Panjang dan Lancip


chinbar helm motocross lebih panjang


Motocross adalah olahraga balap motor ekstrim mengandalkan skill yang digelar di sirkuit tanah, bergelombang, berlumpur dan penuh kerikil hingga batu-batu besar.


Chin bar helm cross dibuat lebih panjang dan lancip bertujuan untuk melindungi bagian mulut serta dagu dari benturan akibat crash. Selain itu chin bar tersebut juga berperan sebagai pelindung lumpur, pasir dan batu kerikil yang berbahaya.


chinbar helm supermoto lebih pendek


Sedangkan pada helm supermoto juga memiliki chin bar tapi ukurannya cenderung lebih pendek. Helm supermoto lebih diperuntukkan untuk adventure ringan atau touring. 


3. Helm Supermoto Memiliki Visor Built-In


visor built in


Tidak seperti helm cross yang tak memiliki visor, helm supermoto justru lebih istimewa karena ia mempunyai visor layaknya helm biasa pada umumnya.


Ya wajar saja, helm supermoto adalah helm yang didesain untuk dipakai di jalan raya sehingga helm ini wajib memiliki visor.


visor helm motocross terpisah


Sebenarnya helm motocross juga memiliki visor, namun terpisah. Visor helm cross disebut goggle atau kacamata goggle. Disebut kacamata karena bentuknya seperti kacamata, tapi ini adalah kacamata khusus untuk helm motocross.


Baca : Kelebihan dan Kekurangan Helm Motocross Buat Harian (Jalan Raya)


Itulah beberapa perbedaan antara helm motorcross dengan helm supermoto. Kedua helm ini dirancang untuk kebutuhan yang berbeda sehingga bentuk dan fitur-fiturnya juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


Kita tidak bisa membandingkan mana yang terbaik karena kedua helm ini di desain sesuai peruntukkannya. Helm cross bagus untuk motocross sedangkan tipe helm supermoto lebih nyaman untuk adventure atau touring.