,

Spesifikasi dan Harga Helm SHOEI X-SPR PRO dan X-15 2022

Jundi Alfaruqi
28 Okt 2022, 22:11 WIB Last Updated 2022-10-29T01:11:33Z
bagian helm shoei x-spr pro dan shoei x15
Part helm SHOEI X-SPR Pro


Udah pada sadar belum sih? kalau dibeberapa seri MotoGP 2022 akhir-akhir ini tampak ada yang berbeda dari helm yang dipakai Marc Marquez dan Alex Marquez.


Yap, helm yang dipakai Marc Marquez dan adiknya itu adalah helm keluaran terbaru dari SHOEI, tepatnya SHOEI X-SPR Pro. Bisa dilihat dari bentuknya sekilas mirip-mirip dengan SHOEI X-14 ya, menurut saya Helm ini merupakan pembaruan dari seri X-Spirit III (X-14). 


Sebelum menulis artikel ini, saya mencari informasi di web dan menonton beberapa channel youtube yang mereview tentang helm SHOEI X SPR Pro. Salah satu web (tmcblog.com) sudah lebih dulu membahasnya. Ternyata helm ini sudah muncul beberapa kali bahkan sejak November tahun lalu, dipakai Alex Marquez pada saat latihan di Sirkuit Jerez. Namun pada saat itu nama untuk serinya belum ada, atau belum resmi.


Ngomong-ngomong soal SPR Pro, Kira-kira ada yang bisa nebak enggak SPR Pro singkatan dari apa? Kalau tebakan saya sih, mungkin SPR Pro itu singkatan dari Spirit Pro. Bisa benar bisa salah, itu cuma tebakan saya aja karena kebetulan SPR cocok untuk kata SPiRit.


Dari bentuknya secara keseluruhan sekilas X SPR Pro terlihat mirip dengan SHOEI X14, bedanya yang ini kelihatan lebih cakep. Walaupun saya sendiri belum pernah megang langsung helmnya, tapi ngebahas fitur-fitur helm baru selalu menyenangkan menurut saya. Dan berikut rangkuman yang sudah saya buat dari berbagai sumber tentang fitur-fitur utama yang ada di helm SHOEI X-SPR Pro.


Spesifikasi SHOEI X-SPR Pro


 MATERIAL  AIM+
 BERAT  1.450 ± 50 gram
 CHINSTRAP  Duble D Ring
 STANDAR  ECE 22/06, FIM Homologation
 FITUR  2 Ukuran Shell
 Vent : 7 Air Intake, 6 Exhaust
 Removeable Inner Liner
 Removeable Cheek Pads
 EQRS
 Visor Lock
 Flat Visor
 Quick Visor Release
 Tear Off Post
 Antifog Ready
 Intercom Bluetooth Ready
 Garansi  5 Tahun Garansi


Sistem Ventilasi Udara Cheek Pads


moth vent


Helm ini dilengkapi 2 ventilasi dibagian mulut terpisah yang bisa dibuka tutup (slide). Ventilasi atas yang besar untuk mengalirkan udara ke wajah sekaligus ke visor untuk mencegah visor berembun. Sedangkan ventilasi yang kecil di bawahnya berfungsi untuk mengalirkan udara ke bagian pipi atau cheek pads (terhubung ke pipi) biar lebih adem.


top vent


Selain Ventilasi mulut, ada juga ventilasi di atas yang posisinya berada di ubun-ubun. Fungsi ventilasi ini sudah jelas ya, untuk mengalirkan udara ke bagian atas kepala. Di ventilasi atas ini ada 3 lubang kalau saya lihat, dan ketiganya itu masing-masing ada tombol slidenya atau sistem buka tutupnya. 


Visor CWR-F2R


visor


SHOEI X-SPR Pro sudah menggunakan visor versi baru yaitu CWR-F2R, bedanya dengan yang lama, visor CWR-F2R mendukung visor lock 2 tingkat yang posisinya bukan lagi disamping tetapi berada tepat di tengah. Selain itu pada ratchet visor juga dilengkapi pengaman quick release (ratchet lock). 


visor lock


Bentuknya seperti tuas kecil (warna merah) bisa di slide on atau off yang berfungsi untuk mengunci tuas ratchet visor, jadi jika ingin melepas visor dari helm, tuas ini harus dalam posisi off terlebih dahulu. Fitur ini untuk keamanan tambahan, untuk mencegah visor agar tidak terlepas saat terjadi crash.


Untuk fitur lainnya yang ada di visor, ada Vortex Generators untuk aerodinamis, ada tear off post untuk tear off, dan anti fog push pin untuk anti fog.


Upgrade Sistem Ventilasi dan Aerodinamis


sistem ventilasi udara
Sistem ventilasi udara di helm SHOEI X-SPR Pro


Karena didesain untuk balap helm SHOEI X-SPR Pro dibekali dengan Spoiler dan Flap untuk meningkatkan aerodinamis helm agar tetap stabil saat di kecepatan tinggi. Fitur ini tidak akan kita rasakan pada kondisi berkendara harian (biasa) tapi sangat penting fungsinya bagi para pembalap ditrack balap dengan kecepatan tinggi. 


aerodinamis


Pada bagian atas terdapat sirip yang ditarik ke belakang dan terhubung dengan 2 lubang exhaust. Part ini berfungsi sebagai tempat aliran udara dari dalam untuk dibuang keluar. Fungsinya adalah untuk menjaga sirkulasi udara pada helm agar tetap adem sehingga memberikan rasa nyaman. Dua lubang exhaust ini posisinya tidak bisa ditutup jadi kebuka terus. 


Pada bagian belakang disamping kiri dan kanan spoiler terdapat Flap atau sayap. Di X-14 sebenarnya juga sudah ada, tapi bedanya kalau di X-14 ada 5 flap, sedangkan di X-SPR Pro cuma ada 2 flap. 


shell, berat, standar shoei x spr pro


Spesifikasi bahan shellnya menggunakan AIM+. AIM atau AIM+ adalah sebutan teknologi yang digunakan SHOEI pada pembuatan material shell helm mereka. AIM merupakan singkatan dari Advanced Integrated Matrix yang mana shell pada helm SHOEI dibuat dari kombinasi tiga fitur utama yakni fiberglass, Compound Structure, dan Synthetic Resin.


Perbedaan shell AIM dengan AIM+ : shell AIM terdiri dari 5 lapis komposisi bahan, sedangkan shell AIM+ terdiri dari 6 lapis komposisi bahan. 


Untuk bobot helm SHOEI X-SPR Pro secara keseluruhan adalah 1.450 ± 50 gram. Shell nya terdiri dari 4 ukuran (XS-S / M / L / XL-XXL).


interior shoei x spr pro


Bagian crown pad helm SHOEI X-SPR Pro bisa di adjustable. Ini adalah salah satu fitur premium yang bakal kalian dapatkan di helm-helmnya SHOEI. 


Fitur-fitur lainnya yang ada di helm SHOEI X-SPR Pro ini adalah tentu saja EQRS (Emergency Quick Release) dan soal busanya Removable atau tidak, tentu juga sudah pasti removeable dan bisa dicuci. Helm ini juga sudah support Bluetooth Intercom.


Standar FRHP (Homologasi FIM)


standarisasi ece dan fim


Karena helm ini sudah dipakai di MotoGP, maka standarnya wajib memakai standar FRHP (Fim Racing Homologated). Untuk ukurannya, semua ukuran helm SHOEI X-SPR Pro sudah mengantongi standar FRHPhe-01-2018. 


Secara resmi nama X-SPR Pro dan X-FIFTEEN sudah terdaftar di situsnya FHRP. Kemungkinan X-SPR Pro adalah versi yang akan di jual di Eropa dengan tipe size Euro Fit sedangkan X-FIFTEEN adalah versi yang aka dijual di Asia termasuk di Indonesia dengan tipe size Asian Fit. 


Untuk varian warna X-SPR Pro yang sudah rilis adalah warna solid hitam, putih dan hitam doff. Sementara varian motifnya hingga saat artikel ini diterbitkan masih belum ada, kemungkinan paling cepat tahun 2023 mungkin sudah ada. 


Dan yang terakhir soal harga, di toko RC Motogarage, helm SHOEI X-SPR Pro warna solid ini dibanderol dengan harga 15.500.000 rupiah. Helm ini sudah ready di RC Motogarage. Yang mau beli, silahkan kunjungi official storenya. Link pembelian sudah saya cantumkan di bawah.