,

Ads

12 Seri Helm KYT Aleix Espargaro dan Harganya

Jundi Alfaruqi
24 Jul 2022, 11:53 WIB Last Updated 2022-07-24T13:29:29Z
kumpulan helm KYT Espargaro dan harganya


  • KYT menjadi sponsor Aleix Espargaro sejak MotoGP 2016
  • Motif replika helm Espargaro memiliki peminat yang sangat tinggi di Indonesia hingga mancanegara
  • Sederet Helm KYT yang pakai livery Aleix Espargaro diantaranya seri Full Face : KR-1, TT Course, dll. Seri Half Face : NF-J, Venom Open dan masih banyak lagi
  • Saat ini pemilik nomor punggung 41 itu memakai helm KYT seri SR GP


Kotakhelm.com - Dari sekian banyak pilihan warna dan motif grafis yang telah disediakan KYT, pilihan corak replika Espargaro menjadi salah satu favorit yang banyak diminati.


Selain disukai karena desain motif yang cakep dan elegan, alasan utama yang membuat helm dengan corak livery Espargaro banyak diminati adalah karena identitasnya sebagai seorang rider kelas dunia yang banyak di idolakan para penggemar MotoGP. 


KYT memang sudah menjalin kerjasama sebagai sponsor helm Aleix Espargaro sejak Espargaro masih menjadi tim balap Suzuki Ecstar MotoGP tahun 2016. (sumber : naikmotor.com / Helm KYT Resmi Kontrak Aleix Espargaro Selama 3 Musim MotoGP)


Untuk memenuhi minat yang cukup tinggi akan motif pembalap bernomor 41 tersebut KYT menyediakan beberapa seri helm yang dicat dengan motif Espargaro. Berikut koleksi helm nya yang telah beredar dipasaran.


1. KYT NF-J


Helm KYT Aleix Espargaro seri NF-J



Jika anda ingin motif Espargaro tapi sukanya yang model half face bukan full face, ada 3 varian helm yang bisa anda pilih, salah satunya seri NF-J ini.


Di seri NF-J ada 3 macam motif grafis Espargaro : Fuxia 2018, Espargaro 2019 matt grey, dan Espargaro Mia Replika 2020.


Helm yang satu ini punya banyak keunggulan terutama dari segi spesifikasi. Salah satunya ada dibagian visor, telah dibekali dengan visor ganda atau sun visor yang memiliki sistem quick visor change.


Fitur pada visor utamanya juga sangat lengkap, mulai dari fitur quick visor change, multi step visor, hingga pin anti fog juga sudah ada di helm ini.



Agar para rider tidak kepanasan dan untuk menjaga sirkulasi udara saat dipakai, helm ini di desain dengan ventilasi udara yang terdiri dari dua lubang air intake disisi atas dan lubang exhaust disisi belakang.


Bagi anda yang berkacamata, tidak usah khawatir karena KYT NF-J sudah memiliki fitur Glasses Fit.


Tida hanya itu saja, masih ada banyak fitur-fitur menarik lainnya yang disediakan oleh NF-J seperti slot Intercom untuk pemasangan perangkat komunikasi helm hingga busa pada helm nya yang bisa dilepas.


Dengan semua fitur yang telah disediakan di helm ini, KYT NF-J motif replika Espargaro bisa dibeli dengan harga Rp 1.250.000 hingga Rp 1.450.000 rupiah.


2. KYT OPEN VENOM


Seri helm KYT Open Venom Aleix Espargaro Replika


Kalau rasanya model NF-J sebelumnya belum sesuai dengan kriteria helm yang ada cari, kami memiliki alternatif helm lain dengan model dan fitur yang juga tak kalah keren.


Kenalin, ini dia KYT Venom Open, sebuah helm half face dengan desain yang elegan dan fitur yang lengkap.


Venom Open memiliki 2 seri Espargaro : motif Espargaro Replika kuning biru dan warna pink yellow grey. Kedua motif ini sama-sama di desain oleh Starline.



Venom Open punya ciri khas pada visor yang bentuknya datar dan memanjang ke bawah. Sama seperti helm NF-J sebelumnya, di helm ini juga punya visor ganda atau sun visor lengkap dengan tombol quick visor change juga. 


Pada sisi atas helm terdapat lubang ventilasi sebanyak dua buah yang berperan sebagai intake, lalu terdapat exhaust dibagian belakangnya.


3. KYT KYOTO


Seri helm KYT Kyoto Aleix Espargaro


Helm KYOTO yang satu ini pasti sudah pada tau semua ya. Di jalan pasti sering banget jumpa dengan orang yang pakai helm fenomenal satu ini, terutama varian putih solid.


Selain solid, seri KYOTO sebenarnya ada juga yang varian grafisnya salah satunya motif spesial edisi replika Espargaro warna kombinasi biru kuning fluo.


Dari dua seri sebelumnya yang sudah kita bahas, desain helm KYOTO terlihat lebih sederhana dan elegan yang justru inilah membuatnya banyak diminati.


Spesifikasinya memang tidak selengkap dua helm sebelumnya tapi untuk dipakai sehari-hari helm ini sudah dapat memenuhi kebutuhan.



Material yang digunakan adalah Thermoplastic, sama dengan seri NF-J dan Venom Open. Untuk bobotnya sekitar 1.400 gram ± 50 gram. 


Berbeda dengan KYOTO biasa, seri motif spesial Espargaro ini sudah dibekali fitur dua kaca. Visor utamanya berbahan polycarbonate dan sudah dilengkapi quick visor change.


Sayangnya KYOTO belum punya fitur Glasses fit dan intercom ready seperti NF-J, namun helm ini punya fitur anti theft system.


Meski terbatas pada fitur-fitur tertentu justru malah jadi keuntungan dari segi harganya yang lebih murah, di Shoope KYOTO Espargaro ini banyak dijual seharga IDR 815.000.


4. KYT NF-R


KYT NF-R Edisi Espargaro


Sekarang, dari half face kita beralih ke full face. Motif Espargaro lebih banyak dan lebih update di seri full face, salah satunya seri KYT NF-R ini yang memiliki 3 motif Espargaro : Espargaro Misano 2018, Espargaro replika 2019 matt grey, dan Espargaro Replika 2018 fuxia pink


FYI:

  • NF-R singkatan dari New Falcon Racing
  • Rilis di tahun 2017 bersamaan dengan 2 seri helm lainnya yaitu KYT Thunderflash dan INK Dynamic. 
  • Shell terbuat dari bahan Advanced Thermoplastic
  • Merupakan varian helm jenis sport touring



Dengan 2 varian shell yang terbagi menjadi dua ukuran cangkang besar dan kecil membuat helm ini lebih nyaman dan proporsional bagi usernya.


Bobot KYT NF-R 1.500 gram ± 50 gram dan sudah mengantongi sertifikasi SNI juga DOT. Selain itu dilengkapi dengan double visor, tali pengikat double d ring, flat visor support pinlock, fitur glass fit dan intercom ready serta busa yang bisa dilepas.


Di Tokopedia Revs Motoshop Palembang, NF-R replika Espargaro series dijual seharga Rp 2.200.000 rupiah.  


5. KYT KR-1


Seri helm KYT KR-1 Aleix Espargaro


  • KR1 merupakan helm full face yang digunakan KYT di ajang balap dunia
  • Rilis pada tahun 2016
  • Cangkang helm terbuat dari tri fiber composite, campuran dari 3 jenis bahan pembuat helm: fiber, kevlar, dan carbon composite. 


Tersedia dua varian motif edisi spesial Espargaro di seri ini : warna kuning abu dan kuning biru.


Spesifikasinya sudah sangat mendukung untuk pemakaian balap. Fitur dan bahannya sudah lolos uji di balap MotoGP. Seperti Shell berbahan Tri-Fiber Composite, yaitu perpaduan kevlar, carbon dan fiber. Thermoformed flat visor, antikabut dan antigores pada visor. Double D-Ring pada tali pengikatnya, serta dua ukuran shell dan EPS untuk fitting yang lebih baik," jelas Simon Mulyadi, Manajer Promosi PT TKI dalam keterangan resminya yang dirangkum dari Liputan6.com, 30 juni 2016. (Sumber : KYT Rilis Helm Ori MotoGP Harga Rp 3 Jutaan)


Helm ini memiliki bobot yang ringan seberat 1.350 ± 50 gram. Selain itu dilengkapi flat visor, support pinlock, dan busa yang bisa dilepas.


KR1 menjadi produk helm balap profesional KYT. Helm full face dengan material premium ini ditawarkan dengan banderol Rp. 3,6 juta (solid), 4 juta (motif grafis), 4,6 juta (carbon composite) dan 4,1 juta (grafis replika) termasuk Espargaro series.


6. KYT VENDETTA 2


Helm KYT Seri Vendetta 2 Motif Aleix Epargaro


Jauh sebelum TT Course lahir dan viral seperti sekarang ini, Vendetta 2 sudah lebih dulu populer. Pada masanya helm ini selalu menjadi perbincangan para pecinta helm baik di medsos maupun komunitas motor yang ada di Indonesia.


Perbincangannya pun sederhana namun seru seperti tak ada habisnya, mulai dari membahas visor flat, hingga aksesoris talang air yang fenomenal.


di Zaman vendetta 2 memang sudah ada visor Iridium tapi tidak menjamur seperti sekarang. Uniknya untuk menggunakan visor Iridium di Vendetta 2 harus menggunakan knob, karena pada waktu itu visor Iridium yang plug and play tanpa knob untuk helm ini belum ada. 


Barulah sekarang-sekarang ini visor Iridium pnp tanpa knob sudah ada dan menjamur dimana-mana. Namun sayangnya nama vendetta 2 kini sudah mulai jarang terdengar, komunitasnya yang ada di facebook juga sudah sepi.



Air pump system jadi satu-satunya teknologi di helm full face ini yang sangat keren pada masanya. 


FYI : 

  • Air pump system adalah fitur di helm KYT Vendetta 2 yang berfungsi untuk mengatur ketebalan dan kepadatan busa pipi. Pengoperasiannya cukup menekan tombol yang berada di ujung chinbar, setiap kali tombol ditekan makan akan memompa angin yang dialirkan ke sebuah kantong udara yang ada di balik busa pipi. Dengan begitu kita dapat mengatur kepadatan busa helm.


Untuk mengempiskan, terdapat sebuah tombol yang apabila ditekan, maka akan mengeluarkan angin yang ada di dalam kantong udara tadi.


Helm ini juga terkenal dikalangan pecinta helm karena beratnya yang mencapai 1,7 kg. Full Face Vendetta 2 dibanderol Rp 700 ribu (solid) dan Rp 1,3 juta (replika Espargaro). Untuk seri replika Espargaro di seri Vendetta 2 untuk saat ini kemungkinan sudah sulit ditemui. 


7. KYT NX RACE


Helm seri KYT NX Race Aleix Espargaro


  • Helm ini rilis tahun 2018, 1 tahun setelah NF-R rilis
  • NX Race merupakan helm balap profesional bersertifikasi ECE, DOT, dll
  • Modelnya mirip dengan NF-R, bedanya kalau NF-R masih pakai thermoplastic, NX Race sudah menggunakan tri fiber composite


Kalau anda mencari motif Espargaro yang tahun 2020, di seri NX Race ada 1 motif yang tersedia.


Seri ini ada dua varian material cangkang, tri composite dan carbon. Untuk yang motif Espargaro adalah yang menggunakan tri fiber composite.


Untuk spesifikasi lebih kurang sama dengan KR1, tapi fitur-fitur nya lebih banyak dan lengkap di seri ini seperti fitur Glasses fit dan intercom ready, itu adanya di NX Race.


Dari segi beratnya mencapai 1.350 ± 50 gram dan model chinstrap nya double d ring.


Varian ukuran lengkap terdiri dari 2 ukuran shell (two shell size), 3 ukuran EPS (S, M, L), dan 6 ukuran busa (XS, S, M, L, XL, XXL).


Di Shoope harga NX Race Espargaro 2020 dijual Rp 3.025.000. Di Tokopedia lumayan beragam mulai dari 3,1 hingga 3,5 juta, helmnya saja. 


8. KYT NZ RACE


KYT NZ Race


  • KYT NZ Race rilis 2020 dan dipasarkan secara resmi pada 2021
  • KYT sempat merilis seri NZ Race spesial limited edition Lorenzo Dalla Porta world Champion Gold Edition sebanyak 600 unit untuk diseluruh dunia pada sekitar tahun 2020


NZ Race merupakan penerus NX Race. Seri ini membawa pembaharuan, salah satunya yang paling berbeda adalah homologasi FIM.



Standar FIM adalah standar tertinggi saat ini untuk helm yang boleh dipakai pada balap WSBK dan MotoGP. Proses pengujian FIM lebih sulit dan banyak persyaratan yang wajib dipenuhi, salah satunya helm harus memiliki fitur safety emergency quick release sehingga fitur ini sudah otomatis ada di helm NX Race. 


Soal desain, seperti yang diutarakan mas taufik tmcblog, 25 November 2021, mengatakan bahwa secara fisik dari luar memang menyerupai varian helm balap sebelumnya dari KYT yakni NX-Race. Mulai dari Bentuk shell terluar, spoiler aero di atas, ventilasi depan dan ventilasi di dekat dahi disinyalir kuat akan punya model yang sama.


Labih lanjut mas taufik dari tmcblog juga mengatakan bahwa Perbedaan terletak di bagian spoiler belakang yang lebih panjang. (sumber : tmcblog.com / KYT NZ-Race Akan Dijual Massal Desember 2021 di Indonesia


Grafis Espargaro Replika 2021 ada di seri NZ Race ini yang dibanderol Rp 3,4 juta rupiah.


9 - 12. KYT : THUNDERFLASH - C5 - STRIKE EAGLE - TT COURSE


Helm KYT Aleix Espargaro : Thunderflas, C5, Strike Eagle, TT Course


Helm KYT lainnya yang Bermotif Espargaro ada di seri full face (Thunderflash, C5, TT Course) dan seri helm cross Strike Eagle.


No Seri KYT Harga Toko
9 Thunderflash Espargaro Blue/Biru Rp 3.450.000 Tokopedia
10 C5 Espargaro Blue/Biru Rp 2.250.000 Tokopedia
11 Cross Strike Eagle Espargaro Blue/Biru Rp 4.500.000 Tokopedia
12 TT Course Espargaro Winter Test 2020 Rp 1.450.000 Shopee