Sidepod VS Quick Release, Lebih Bagus Mana?
Cari Berita

Advertisement

Sidepod VS Quick Release, Lebih Bagus Mana?

Jundi Alfaruqi
Tuesday, 6 August 2019

quick release kiri vs sidepod kanan
Bagi helmet lovers pasti sudah tidak asing lagi dengan dua nama perangkat helm ini.

Bagi yang belum tau, sidepod dan quick release adalah jenis sistem pengikat visor helm yang menjaga agar visor tidak terlepas dan bisa dinaik turunkan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Helm Bagus dan Murah Rp 200 dan 300 Ribuan Terbaru

Secara umum sistem pengikat visor ada empat jenis yakni, sidepod, quick release, baut dan knob.

Model baut sendiri sekarang ini sudah mulai ditinggalkan karena tergolong jadul, banyak kekurangan, tidak praktis dalam penggunaan, dan mudah rusak.

Dan kali ini admin mau sharing santai tentang penggunaan sidepod dan quick release.

Sidepod adalah model pengikat visor yang menggunakan penutup (sidepod). model ini banyak kita temukan di helm merk Arai (mekanisme dan cara kerja sidepod di Arai RX-7X)

Quick release adalah sistem pengikat visor yang menggunakan rachet sebagai dudukan visor. Model ini banyak kita temukan di helm yang dijual dipasaran seperti KYT NF-J, NHK R1, dll. (mekanisme dan cara kerja quick release di KYT DJ Maru)

Sebagian pengguna ada yang mengatakan sidepod lebih aman dari quick release, sebagian lagi mengatakan quick release lebih praktis, modern dan terlihat stylish.

Lalu bagaimana sebenarnya performa dari kedua jenis sistem pengikat visor yang populer ini? Yuk kita simak ulasannya berikut ini,

Untuk penilaian bagus atau tidak, admin akan mengambil dua sample helm dengan standar FRHP, yaitu standar mutu tertinggi yang dipakai di MotoGP saat ini.

Dua sample helm yang akan admin ambil untuk perbandingan adalah Arai RX-7X yang menggunakan sidepod dan AGV Pista GP R yang memakai sistem quick release.

Baca Juga: Daftar Helm yang Sudah Lolos FRHP Terbaru

AGV Pista GP R dan Arai RX-7X FRHP

Kedua helm ini sudah sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dan kebetulan keduanya memakai jenis pengikat visor yang berbeda.

Cukup dengan standar ini sudah dapat membuktikan kedua pengikat visor jenis sidepod dan quick release sama-sama bagus.

Tapi untuk penilaian desain, admin punya pendapat sendiri.

Walaupun terkesan objektif tapi desain model quick release terlihat lebih baik, terlihat lebih stylish, modern, dan juga sedikit lebih praktis dalam maintanance nya dibanding sidepod.

Bagaimana menurut kamu? lebih suka quick release atau sidepod?

Baca Juga: Manfaat Memakai Balaclava di Helm