Apa Itu FIM Racing Homologation Programme (FRHP)
Cari Berita

Advertisement

Apa Itu FIM Racing Homologation Programme (FRHP)

Jundi Alfaruqi
Monday, 17 June 2019

Menurut situs Wikipedia, FIM adalah singkatan dari International Motorcycling Federation. Adalah sebuah organisasi internasional di bidang balap sepeda motor.

FIM sendiri terdiri dari 112 federasi sepeda motor nasional yang dibagi dalam enam wilayah benua. FIM berdiri tahun 1904 yang bermarkas di Swiss.

Tentang apa itu FIM FRHP

BACA: Daftar Helm yang Bisa Dipakai di MotoGP Juni 2019

Sementara itu FRHP adalah singkatan dari FIM Racing Homologation Programme. FRHP dibentuk oleh FIM untuk memberikan pengakuan khusus terhadap produk yang terkait dengan keselamatan dan sebagai persyaratan untuk kompetisi FIM.

Dengan kata lain FRHP adalah regulasi atau standardisasi khusus untuk helm. Tujuan utama dari program ini adalah untuk memenuhi kebutuhan akan pengujian lanjutan dari kinerja keselamatan setiap produk.

Homologasi sendiri diperoleh ketika kinerja tinggi spesifik dan standar kualitas yang ditetapkan untuk setiap produk telah terpenuhi.

Sebelum dites oleh FIM, helm yang dipakai di MotoGP harus lolos juga standar Eropa. Jika ada aspek yang tidak lolos saat pengecekan oleh FIM, produsen helm harus mengulang lagi uji kelayakan di Eropa. Meskipun, uji kelayakan di Eropa sudah lolos.

FIM menuntut setiap helm yang dipakai di MotoGP harus dites uji kelayakan, bahkan untuk setiap ukuran. Jadi jika ada banyak pembalap yang memakai merk helm tertentu dan memiliki size yang berbeda, maka setiap size harus di uji.

BACA: 3 Fungsi Kain Chin Curtain Didagu Helm yang Jarang Diketahui

Untuk keterengan sertifikatnya apakah helm tersebut telah lolos pengujian dan homologasi atau tidak akan diumumkan secara terbuka dan dapat dilihat langsung di situs resmi FIM.

Berikut ini adalah daftar 14 helm yang sudah lolos test dan homologasi FIM
  • AGV Pista GP R (S - MS) FRHPhe-01-2018
  • Airoh GP550 (XS) FRHPhe-01-2018
  • Arai RX-7V Racing (XS - S - M - L) FRHPhe-01-2018
  • Arai RX-7X Racing (XS - S - M - L) FRHPhe-01-2018
  • Bell Star ECE (S - M - L) FRHPhe-01-2018
  • HJC RPHA 01R (XXS - XS - M) FRHPhe-01-2018
  • Daftar Helm Selengkapnya...

Setiap helm yang telah lulus uji akan mendapat label sertfikasi, Label sertifikasi ini akan di tempelkan pada fisik helm termasuk juga dijahit pada bagian chin strap helm.