Perbandingan KYT Venom Open dan KYT NF-J dari Segi Harga, Desain, Fitur dan Spesifikasi
Cari Berita

Advertisement

Perbandingan KYT Venom Open dan KYT NF-J dari Segi Harga, Desain, Fitur dan Spesifikasi

Jundi Alfaruqi
Wednesday, 24 July 2019

Kalau membicarakan helm KYT half face terbaik pasti jawabannya Venom Open. Helm ini dikenal memiliki kelebihan terutama soal kenyamanan yang sangat baik.

Namun belum lama ini KYT telah merilis helm half face terbarunya yakni NF-J. Helm ini digadang-gadang menjadi pesaingnya Open Venom saudara kandungnya sendiri.

KYT Venom Open Locateli dan KYT NF-J Brock Parker

Baca Juga: Daftar Harga KYT Kyoto Terbaru Semua Motif dan Warna

Lalu bagaimana sebenarnya performa kedua helm ini jika kita bandingkan? Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Desain


Secara bentuk shell terlihat tidak asing karena sebenarnya kedua helm ini mengambil desain dari seri KYT Full Face. Venom Open mengambil desain K2 Rider dan NF-J sendiri mengambil desain NF-R.

Jika kita ibaratkan Venom Open merupakan seri half face dari K2 Rider dan NF-J merupakan seri half face dari NF-R dan NX-Race.

Desain KYT NF-J bisa dibilang lebih segar dan lebih aerodinamis dibandingkan Venom Open. Apalagi basic helm NF-J sendiri memang mengambil dari NF-R yang memiliki sistem aerodinamis terbaru yang telah dikembangkan KYT menjadi lebih baik.

Motif-motif NF-J juga lebih banyak yang baru seperti motif Brock Parker, Isaac Vinales 2019, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Harga KYT DJ Maru Terbaru Motif dan Solid

Namun KYT Venom Open menyimpan kesan antik tersendiri untuk motif-motif replikanya yang sudah mulai langka saat ini seperti replika Aleix Espargaro 2018, Andrea Locateli 2018 dan motif replika lainnya.

Spesifikasi


Dari segi spesifikasi keduanya tidak jauh berbeda terutama dari segi material shell nya sendiri yang sama-sama terbuat dari bahan sejenis thermoplatic.

Tapi NF-J lebih unggul karena shell nya diproduksi dalam dua ukuran yakni M dan L sedangkan Open Venom hanya 1 shell size saja.

Untuk perbandingan spesifikasi, sobat bisa lihat tabel berikut ini.

Detail KYT Venom Open KYT NF-J
Spesifikasi :
Material Thermoplastic Thermoplastic
Berat 1.400 gram 1.450 gram
Chinstrap DD Ring DD Ring
Features :
Double Visor YES YES
Anti Theft System YES NO
Removable Liner YES YES
Removable Cheek Pad YES YES
Shell Size 1 2

Alasan Venom open banyak disukai salah satunya karena visor nya yang sudah flat walaupun setelah diukur tidak 100% flat.

Sayangnya visor flat venom open ini tidak memiliki nilai lebih dan kalah unggul dari visor NF-J yang walaupun visornya tidak flat tapi sudah dilengkapi dengan pin untuk anti fog.

Harga


Harga KYT Venom Open terbaru sekitar 850 ribuan dan KYT NF-J harganya sekitar 910 ribuan sampai dengan 1.050.000 rupiah.

Harga KYT NF-J memang lebih mahal jika dibandingkan dengan open venom tapi selisihnya tidak jauh hanya sekitar 50ribu sampai 100 ribu.

Daftar Harga KYT NF-J

Aleix Espargaro Replika
Brock Parker
Putih Solid
Rp 1.050.000
Rp 1.050.000
Rp 910.000

Daftar Harga KYT Venom Open


Gilang Ramadhan Replika Andrea Locateli Aleix Espargaro 2018
Rp 850.000 Rp 850.000 Rp 850.000


Kesimpulan


Secara desain KYT NF-J lebih unggul dengan tampilan yang upgrade dan lebih aerodinamis dibanding Venom Open.

Namun secara spesifikasi keduanya memiliki banyak kesamaan terutama soal material shell nya. Tapi lagi-lagi NF-J unggul karena shell size nya diproduksi dalam 2 size sementara venom open hanya 1 shell size.

Untuk fitur keduanya hampir tidak ada perbedaan, keduanya sama-sama memiliki fitur yang lengkap seperti double visor, removable liner, quick visor release dll.

Baca Juga: Manfaat Memakai Balaclava di Helm

Cuma ada sedikit perbedaan nih, yakni visor NF-J sudah support untuk dipasang anti fog sementara venom open belum.

Open venom memiliki kelebihan yaitu terdapat fitur anti theft system dan ini tidak dimiliki oleh NF-J series.

Dari semua kriteria penilaian, menurut admin NF-J lebih unggul dibanding Venom Open. Terlebih lagi NF-J merupakan seri terbaru dengan desain, fitur, teknologi hingga spesifikasi yang lebih upgrade.