Perbedaan NHK Terminator Racing VS Terminator 2V, Adu Spesifikasi dan Fitur
Cari Berita

Advertisement

Perbedaan NHK Terminator Racing VS Terminator 2V, Adu Spesifikasi dan Fitur

Jundi Alfaruqi
Tuesday, 14 May 2019

NHK meluncurkan dua series terminator, terminator racing dan terminator 2V. Kedua helm ini sama-sama helm full face. Walaupun namanya sama-sama terminator tak lantas membuat spesifikasi kedua helm ini juga sama. Dan kali ini kita akan membahas perbedaan yang ada di kedua helm NHK ini.

NHK Terminator Racing VS Terminator 2V

SUN Visor


Perbedaan pertama ada pada fitur sun visor yang di miliki NHK Terminator 2V. Sesuai dengan namanya yaitu terminator 2V atau 2 visor, helm yang satu ini memiliki fitur sun visor atau yang lebih dikenal dengan istilah double visor. Fitur ini sangat cocok untuk helm-helm daily ride dan touring.

Terminator 2 Visor

Sementara di NHK Terminator Racing, fitur ini tidak tersedia. Sebenarnya seri terminator racing adalah seri helm balap sementara terminator 2V adalah seri helm daily ride atau helm harian. Seperti yang sobat tau karena alasan safety, helm balap tidak diperbolehkan memiliki double visor.

Visor Utama


Visor NHK terminator racing tidak memiliki fitur quick release sedangkan untuk terminator 2V sudah. Namun Visor seri terminator racing unggul karena sudah menggunakan visor lock sistem sehingga lebih safety. Fitur visor lock sendiri biasanya digunakan untuk helm-helm race.

Terminator Racing Karel Abraham

Fitur ini berfungsi mengunci visor agar tidak terbuka ketika terjadi crash. Visor helm yang terbuka apalagi saat crash sangat beresiko fatal, apalagi ada benda-benda yang tak terduga masuk ke dalam helm yang visornya terbuka dan mengenai wajah atau mata pengendaranya. Cedera yang ditimbulkan bisa saja bakal bertambah.

BACA JUGA: Daftar Harga Semua Helm NHK Terbaru Lengkap

Namun ada satu persamaan yang ada di kedua visor helm ini yaitu sama-sama tidak flat visor. Tapi nggak usah khawatir sob, kalau sobat pengen flat visor, NHK sudah menyediakan flat visornya kok dengan pilihan yang beragam, flat visor clear, dark smoke, dan iridium.

Chin Strap


Chin strap adalah tali pengaman helm yang berfungsi untuk menjaga helm dikepala agar tidak terlepas saat dipakai. Tali pengaman ini ada tiga macam yang paling umum digunakan pada helm, yiatu quick buckle, microlock dan double D ring. Setiap tali pengaman tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Seperti D Ring mislanya, tali pengikat ini adalah tali pengikat yang dipakai untuk standar helm balap karena tingkat safety nya adalah yang paling tinggi. Tapi kekurangannya penggunaan double D ring cukup merepotkan untuk helm daily ride apalagi bagi yang sering lepas pasang helm.

NHK Terminator racing menggunakan model tali Double D Ring sementara NHK terminator 2V menggunakan model microlock.

Desain dan Air Flow


Dari segi desain, tidak banyak perbedaan yang bisa kita lihat dari kedua helm terminator ini, namun dari model air flow terlihat jelas perbedaannya. Di seri terminator racing lubang air flow didagu atau mouth vent nya ada dua buah, sementara di seri terminator 2V ada empat.

NHK Terminator Racing BIOS

Bentuk pengunci slide lubang air flow di atas atau tope vent juga berbeda sob, Terminator racing bentuknya kayak jarum sedangkan terminator 2V bentuknya seperti tonjolan kecil.

Busa Leher


Seri terminator racing memiliki busa leher sementara seri 2V tidak. Untuk fitur liner, kedua helm keren ini memiliki fitur yang sama yaitu sama-sama bisa dilepas pasang dan dicuci.

Carbon Meterial


Khusus untuk terminator racing tersedia varian carbon sob, sedangkan terminator 2V tidak. Material carbon sendiri dikenal sebagai material paling ringan, paling kuat, dan juga paling mahal di antara semua jenis material helm lainnya.

Harga dan Motif Grafis


Perbedaan terakhir yang ada pada kedua helm ini adalah pada harganya sob. NHK terminator racing lebih unggul di fitur dan tingkat safety nya maka wajar helm ini harganya lebih mahal yaitu 1.200.000 untuk material thermoplastic dan 3.200.000 untuk material carbon. Sedangkan harga terminator 2V adalah 525ribu untuk seri motif grafis dan 500ribu untuk seri polos.

BACA JUGA: Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga NHK Terminator Racing Terbaru Semua Varian

Kesimpulan


NHK Terminator Racing lebih cocok untuk helm balap karena spesifikasi dan fitur safety yang dimiliki lebih lengkap. Sedangkan NHK terminator 2V lebih cocok untuk helm daily ride, sunmori, atau touring.