Cara Melepas dan Memasang Busa Pipi Helm GM yang Tidak Bisa Dilepas + Video
Cari Berita

Advertisement

Cara Melepas dan Memasang Busa Pipi Helm GM yang Tidak Bisa Dilepas + Video

Jundi Alfaruqi
Selasa, 20 November 2018

Cheek pads atau busa pipi helm ada dua jenis yakni, bisa dilepas dan tidak bisa dilepas (removable). Cheek pads yang bisa dilepas biasanya menggunakan sistem kancing sehingga dapat dilepas pasang dengan mudah, sementara untuk model cheek pads yang non removable memang tidak bisa dilepas karana dia menyatu dengan tali strap helm yang dipaku dengan paku rivert.

mengganti busa pipi helm gm evo

Meskipun tidak bisa dilepas semudah melepas cheek pads yang mengunakan sistem kancing, busa pipi jenis non removable ini tetap bisa diganti. Jadi nggak usah khawatir kalau busa helm sobat sudah rusak dan harus diganti.

BACA JUGA: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Tear Off di Helm Harian

GM Evolution adalah salah satu helm yang menggunakan busa pipi non removable, dan disini saya mau menunjukkan bagaimana proses melepas sampai memasang kembali dengan busa pipi yang baru. Buat sobat yang bingung seperti apa caranya, silahkan simak tutorial berikut ini.

Alat dan Bahan untuk Melepas dan Memasang Busa Pipi

Untuk melakukan proses ini, silahkan sobat persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan yakni,

Busa Pipi

Busa pipi ini saya beli di toko**dia seharga 30 ribu. Mohon maaf saya tidak bisa menyertakan linknya, silahkan sobat cari sendiri di toko**dia dengan kata kunci "Busa pipi helm gm evolution tanpa kancing". Jangan lupa sob, pilih ukuran busa pipi yang sesuai dengan ukuran helm sobat, S,M,L, atau XL.

Lem putih (lem setan)

Sobat bisa beli lem ini di toko buku, harganya sekitar 7ribuan. Lem ini gunanya untuk merekatkan busa agar tidak mudah lepas.

Obeng, Gunting dan Pisau Cutter


Tutorial Mengganti Busa Helm GM Evolution

1. Lepas visornya terlebih dahulu, gunakan obeng untuk membuka bautnya.

melepas visor

2. Kedua, lepaskan gabus styrofoam helm

melepas gabus helm

3. Lepaskan busa pipi dengan cara menariknya atau disobek saja sampai lepas, lalu bersihkan sisa-sisa plastik dari busa yang masih tersangkut di sela-sela antara besi dudukan tali pengikat dengan outer shell helm.

melepas busa pipi

4. Buat lubang pada plastik busa helm yang akan dipasang, ukur terlebih dahulu posisinya biar pas, lalu gunting plastik tersebut dari arah luar sampai menembus ke lubang yang telah dibuat.

BACA JUGA: Motif Venom Bikin Ngiler, Ini Dia Spesifikasi Lengkap Helm Full Face HJC RPHA 11 Terbaru


5. Masukkan busa ke dalam sela dudukan strap tadi hingga posisinya pas. Pastikan busa kiri ada disebelah kiri, dan busa kanan ada disebelah kanan.

memasang busa pipi

6. Berikan lem putih pada karet lalu rekatkan pinggiran busa yang mengarah keluar. Proses pengeleman ini harus dilakukan bertahap agar lebih mudah dan tidak berantakan kemana-mana. Hati-hati saat memberikan lem, jangan sampai kena tangan, lem ini sangat kuat kalau sudah menempel.


Kenapa tidak semua bagian pada plastik busa dikasih lem kan jadinya lebih kuat? jawabannya adalah karena kalau semua busa dikasih lem, saat busa helm sobat mau diganti lagi, sobat bakal kesulitan melepas busa yang sudah terpasang tersebut.

7. Tunggu agak 5 menit, lalu baru pasang kembali gabus styrofoam dan visor helm.

8. Selesai..

Silahkan tonton video di bawah ini

Video Cara Mengganti Busa Pipi Helm GM Evo





BACA JUGA: Adu Spesifikasi Helm Full Face KYT RC7 vs KYT R10, Lebih Bagus Mana?