Adu Spesifikasi KYT Galaxy Slide VS NHK R1, Serupa Tapi Tak Sama
Cari Berita

Advertisement

Adu Spesifikasi KYT Galaxy Slide VS NHK R1, Serupa Tapi Tak Sama

Jundi Alfaruqi
Sabtu, 20 Oktober 2018

KYT dan NHK, keduanya sama-sama merk buatan Indonesia. KYT milik PT. Tarakusuma Indah, sedangkan NHK milik PT. Danapersadaraya. Kedua merk ini sudah sangat terkenal hingga mancanegara bahkan keduanya juga telah masuk ke dunia MotoGP, mengharumkan nama Indonesia di kompetisi paling bergengsi dunia.

Kedua merk ini terus bersaing demi merebut perhatian para konsumen. Berbagai macam inovasi baru terus dibuat demi menjadi yang nomor satu. Salah satu dari sekian banyak produk KYT dan NHK, KYT Galaxy dan NHK R1 merupakan salah satu produk helm open face terbaik saat ini. Keduanya memiliki kualitas serta fitur yang lengkap dan sangat keren.

KYT Galaxy Slide VS NHK R1

BACA JUGA: Inilah Dia 6 Cara Memperbaiki Kaca Helm yang Kendor

Penasaran seperti apa spesifikasi yang ada pada kedua helm made in Indonesia ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Meterial yang sama

KYT Galxy Xavier Simeon dan NHK R1 Aerostyle
KYT Galxy Xavier Simeon dan NHK R1 Aerostyle

Berbicara tentang helm, meterial adalah salah satu faktor paling penting yang harus diperhitungkan saat akan membeli helm. Tentunya kita akan memilih material yang paling terbaik untuk melindungi kepala. KYT Galaxy dan NHK R1, keduanya sama-sama terbuat dari material yang disebut thermoplastic resin. Ini merupakan material khusus yang digunakan untuk bahan pembuatan helm. Bobot kedua helm ini juga tidak jauh berbeda, lebih kurang sekitar 1.800 gram.

Sertifikat Standar Keamanan yg Sama

Kedua helm ini memiliki sertifikat standarisasi yang sama yaitu SNI dan DOT. Namun sayang kita tidak dapat membandingkan mana yang memiliki impact zone lebih tinggi atau lebih rendah.

Memiliki bodi yang sekilas nampak sama

anti theft
Lubang anti theft (lubang kunci anti maling) kyt Galaxy Slide

Sekilas kedua helm ini nampak sama. Dari segi bentuk body terlihat sangat mirip. Namun yang jelas membedakan adalah bentuk cetakan (skin) dan lubang Anti Theft yang ada di KYT Galaxy. KYT Galaxy memiliki fitur Anti Theft sedangkan NHK R1 tidak. Fitur anti theft ini sendiri berguna untuk security helm, dimana kita dapat mengunci helm dengan kunci spesial sehingga tidak perlu khawatir helm dicuri.

Sistem Ventilasi Udara yg Sama

Exhoust port
Exhoust port NHK R1 dan KYT Galaxy Slide letaknya dan jumlahnya sama

Jika kita lihat, kedua helm ini memiliki jumlah lubang ventilasi udara yang sama. Pada keduanya akan kita temukan 2 lubang ventilasi udara di bagian alis yang sama-sama menggunakan tutup yang bisa dibuka. Kemudian ada dua lubang lagi yaitu top vent, KYT Galaxy maupun NHK R1 sama-sama memilikinya.

Spoiler
KYT Galaxy kiri, NHK R1 kanan

BACA JUGA: Daftar Harga Helm KYT Semua Tipe Terbaru 2018-2019

Dibagian spoiler kedua helm ini, juga terdapat lubang exhoust namun ada sedikit perbedaan pada KYT Galaxy, dimana dibagian spoiler sisi atas, terdapat katup atau penutup yang bisa dibuka tutup. Kemudian kita juga bisa melihat ada 4 buah lubang exhoust yang dimiliki oleh kedua helm ini.

Penggunaan Jenis Strap yang berbeda

Strap
Kiri KYT Galaxy, Kanan NHK R1

Tali Strap yang digunakan kedua helm ini ternyata berbeda. Yang membedakannya adalah jenis strap yang digunakan. KYT Galaxy masih menggunakan jenis quick buckle, sedangkan NHK R1 sudah menggunakan micrometric strap.

Seperti yang kita ketahui bahwa model quick lebih cepat rusak dibanding model micrometric. Model quick terbuat dari besi yang bisa berkarat meskupin dalam waktu lama. Selain itu mekanisme per pada quick juga lebih cepat rusak. Dan yang paling terlihat adalah model mocromatric lebih mudah digunakan dibandingkan model quick.

Hal ini pernah saya buktikan langsung dengan menyuruh pembeli mencoba helm yang menggunakan model quick dan model micrometric, ternyata hasilnya lebih banyak user yang kesulitan menggunakan model quick buckle ketimbang model micrometric.

Meskipun demikian, keduanya sama-sama merupakan standar SNI dan DOT yang telah teruji keamanannya. Jadi ini bukan soal yang mana lebih aman, melainkan mana yang lebih mudah digunakan.

Jenis Kacanya Sama tapi Fiturnya berbeda

NHK R1 menggunakan 2 kaca dan KYT Galaxy juga menggunakan dua kaca. Keduanya juga sama-sama menggunakan sistem quick visor change.

Antifog post
Antifog post di NHK R1

Untuk kaca depan (Utama) keduanya juga menggunakan jenis kaca yang sama yaitu visor non flat warna clear. Namun NHK R1 lebih unggul karena visor NHK R1 memiliki Antifog post sehingga visor NHK support untuk dipasang antifog.

Rasa Busa sedikit berbeda

Jika kita rasakan dengan tangan, kedua busa KYT maupun NHK ini terasa halus dan nggak bikin kulit gatal. Namun ketika di tekan, ternyata Busa pipi NHK R1 memiliki tekstur lebih empuk dibanding KYT Galaxy.

Cheek pads
Cheek pads KYT Galaxy (kanan) dan NHK R1 (kiri) size L

Ada perbedaan yang bisa dikatakan sangat terlihat, Busa KYT Galaxy lebih tipis dibanding busa NHK R1. Jika saya bilang demikian maka banyak orang yang akan mengatakan ini hanya masalah size. Namun saya pastikan ini bukanlah masalah size, melainkan memang busa NHK lebih tebal dibanding KYT Galaxy karena KYT galaxy menggunakan alas lapisan styrofoam yang menempel pada outer shell tidak seperti NHK R1 yang menggunakan full busa tanpa dilapis dengan styrofoam lagi seperti KYT galaxy.

Sampai sekarang saya masih bingung apa fungsi styrofoam yang ditempelkan pada outer shell tersebut. dan saya sendiri punya pengalaman yang kurang menyenangkan dengan model busa yang dilapis seperti ini. Jika ada yang tau tentang fungsi lapisan styrofoam pada cheek pad ini bisa komen di bawah.

BACA JUGA: Daftar Harga Komplit Helm Zeus Terbaru 2018

Keduanya Removable dan Washable

Confort liner
KYT Galaxy kiri, NHK R1 Kanan

Kedua helm ini memiliki liner yang bisa dilepas pasang, baik confort liner dan cheek pads nya bisa dilepas kecuali bagian neck roll. Bagian neck roll tidak bisa dilepas karena ditempel dengan lem.

Fitmentnya sama

KYT Galaxy menyediakan size dari S sampai XL, sementara NHK R1 tersedia size dari S hingga XXL. Setelah saya cobain, Fitment kedua helm ini nggak jauh berbeda, sama-sama nyaman terutama dibagian telinganya yang lebar yang nggak bikin telinga kita terlipat.

Harganya Beda Dikit

KYT Galaxy slide dibandrol dengan harga mulai dari 329.000 untuk yang warna solid dan 390.000 untuk yang graphic sementara NHK R1 dibandrol dengan harga mulai dari 315.000 untuk warna solid dan 380.000 untuk yang pakai graphic.

BACA JUGA: Spesifikasi dan Harga KYT Thunderflash Terbaru

Jadi mana yang paling cocok buatmu?

Kedua helm ini memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalau kamu mau helm yang bisa pasang antifog, kamu bisa pilih NHK R1, kalau mau helm yang punya tingkat security lebih, kamu bisa pilih KYT Galaxy Slde yang punya fitur anti theft system.