Cara Melepas Baut Kaca Helm Bogo Yg Rusak (Berkarat)
Cari Berita

Advertisement

Cara Melepas Baut Kaca Helm Bogo Yg Rusak (Berkarat)

Kotak Helm
Sabtu, 04 Agustus 2018

Barang kalau sudah tua pasti banyak tingkah. Kayak helm bogo yang satu ini nih. Kaca helm bogo yang rusak atau pecah mungkin tinggal mengganti kacanya saja, tapi gimana kalau yang rusak justru bukan kacanya melainkan baut yang menjadi dudukan kacanya? Tentu saja sudah pasti kita akan lebih repot karena harus melepas baut yg rusak tersebut untuk menggantinya dengan yg baru agar kaca bisa dipasang.


Kali ini saya ingin membagikan tutorial tentang cara melepas baut kaca helm bogo sekaligus mengganti baut dan memasang kacanya kembali. Sebelum itu ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan sebagai berikut:

Alat yg dibutuhkan:

  1. Kain Lap
  2. Pelubang terserah bisa pakai apa aja, kalau saya pakai alat untuk ngasah gergaji.
  3. Tang
  4. Obeng Bunga (+)
  5. Obeng Minus (-)

Bahan yg dibutuhkan:

  1. Tiga buah Baut plus + ukuran 10 dengan panjang 1 Cm, bisa dibeli di toko bangunan

Jika alat dan bahan sudah disiapkan, sekarang saatnya kita mulai:

Langkah 1: Lepaskan semua bagian-bagian yang ada pada helm mulai dari busa pipi kiri dan kanan (Kalau tidak bisa, jangan dipaksa), kain interior dan gabus stereofoam helm.

Langkah 2: Lepaskan baut yang ada pada kaca bogo dengan bantuan obeng minus dan tang.

Langkah 3: Lepaskan semua dudukan baut yang ada di body helm. Caranya dengan mencongkel dari luar menggunakan obeng minus. Jika dudukan menempel rapat sehingga tidak ada celah untuk memasukkan obeng untuk mencongkel, maka tipsnya coba ketok-ketok dari dalam menggunakan bagian belakang obeng.


Langkah 4: Gunakan kain lap saat melepas dudukan baut di body agar body helm tidak tergores obeng saat berusaha melepas dudukan tersebut.

Langkah 5: Pasang baut baru yang sudah kita siapkan. Jika bautnya tidak muat, besarkan sedikit lobangnya sampai bautnya muat.

Langkah 6: Kunci baut sampai rasanya kuat dan tidak akan mudah terlepas.

Langkah 7: Selesai

Demikianlah cara melepas baut kaca helm bogo yg rusak dan memasang baut yang baru untuk kaca helm bogo. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.