,

Rekomendasi Kaca Helm GM Bening yang Bagus Tidak Berbayang Tidak Bikin Pusing

Jundi Alfaruqi
11 Jan 2023, 15:59 WIB Last Updated 2023-01-14T05:06:54Z
kaca helm bening pnp gm


Bagi pengendara yang berkendara di malam hari, pemilihan warna kaca helm yang disarankan adalah warna bening atau putih transparan.


Tidak seperti kaca Iridium dan kaca hitam (smoke) yang gelap, kaca bening akan memberikan penglihatan menjadi terang dan jelas bahkan dikondisi hujan sekalipun.


Dipasaran saat ini banyak dijual kaca helm berwarna bening transparan, namun masalahnya tidak semua kaca bening memiliki kualitas yang bagus.


Banyak kaca helm bening dengan harga murah justru membuat kepala penggunanya menjadi pusing akibat bias yang yang dipantulkan oleh kaca tersebut, istilahnya kacanya berbayang kalau kata orang-orang. 


Oleh sebab itu, disini saya saya ingin merekomendasikan 2 kaca helm bening yang kualitasnya bagus, tidak berbayang, tidak buram, dan tidak gampang lecet.


Kedua merk kaca yang saya rekomendasikan ini khusus untuk helm GM Evolution, GM Icon dan GM Fighter ya, selain dari tiga helm di atas, saya sarankan mencari referensi terlebih dahulu, jangan langsung beli, takutnya tidak pas ukurannya. 


Tapi kalau untuk helm GM Evolution, GM Icon dan GM Fighter, saya pastikan 100% kedua kaca bening berikut ini pasti pas atau cocok. 


1. Kaca Helm GM Original


kaca helm GM bening original
Kaca helm GM bening yang asli terdapat 2 lapis stiker pelindung. Pada pelindung yang paling atas terdapat stiker merk GM, helmet size dan tagline spirit of racing.


GM sendiri sudah menyediakan spare part kaca asli apabila pengguna ingin mengganti kaca ke warna lain atau mengganti kacanya yang sudah rusak dan harus diganti. 


GM menyediakan tiga varian warna yaitu bening, iridium pelangi, dan warna hitam smoke untuk helm GM Evolution, GM Icon dan GM Fighter.


Untuk kualitas kaca asli GM tidak perlu diragukan, alias sama persis dengan kualitas kaca bawaan yang ada di helm-helm GM, tebal, kuat dan awet pastinya.


Kelebihan kaca asli selain dari segi bahan materialnya bagus, dari segi kejernihannya juga bagus, tidak berbayang, tidak buram, dan tidak gampang lecet. 


Kaca GM asli ini memiliki tekstur bahan yang tebal dan lentur sehingga tidak mudah pecah. Selain itu finishing nya sangat rapih termasuk finishing pinggiran kacanya juga rapih dan halus.


Untuk harganya, kaca GM original dibanderol atau berkisar antara 65 ribu hingga 75 ribu rupiah. (Sumber : helmku.com


Harga di atas tergantung toko helm masing-masing, karena beda toko kadang beda juga harganya.


Buat kalian yang pengen beli kaca bening asli dari GM, bisa membelinya di official web store helmku.com atau di Tokopedia.


Atau bisa klik link pembelian yang sudah dicantumkan di bawah ini dan sudah kami pilihkan yang terbaik dan dijamin 100% asli serta harganya yang paling murah bonus gratis ongkir.


kaca gm bening pnp gm evolution, icon, fighter
Kaca GM original juga dilengkapi pembungkus plastik produk berlogo GM dan ada tag label berisi keterangan kaca yang berwarna dasar biru.



2. Kaca Helm Bening Merk Clear


Stiker merk kaca Clear model lama, untuk model terbaru ada di foto selanjutnya.


Kaca bening yang satu ini merknya Clear, kalian bisa lihat ada stiker pengaman di kacanya bertuliskan Clear, yaitu merk dari kaca tersebut.


Kaca merk Clear adalah spare part kaca helm aftermarket yang kualitasnya lumayan bagus dan selalu direkomendasikan untuk helm.


Meski bukan kaca originalnya helm GM, namun merk Clear ini bisa dipasang ke helm GM karena model atau pola serta slot lubang pada kaca 100% sama dengan aslinya.


Dari segi ketahanannya, kaca merk Clear ini juga tahan panas, tidak mudah retak walaupun sering dijemur di bawah sinar matahari.


Kaca Clear menjadi kaca alternatif kedua yang direkomendasikan jika ingin harga yang lebih murah tapi kualitas cukup bagus.


Jika dibandingkan dengan kaca GM Asli tentu kualitasnya masih lebih bagus yang asli baik dari segi material maupun ketahanannya.


Namun jika budget terbatas, kaca Clear yang satu ini sudah mampu memenuhi kebutuhan kaca bening berkualitas untuk helm GM.


Perbedaan paling mencolok antara kaca GM Asli dan Kaca Clear selain dari segi harga yang lebih murah, kaca Clear ini bahannya agak sedikit lebih tipis dari kaca GM Asli.


Teksturnya lebih lentur dari kaca GM yang Asli, pada pinggiran kaca Clear sedikit kurang rapih dan tidak sehalus kaca asli.


Selain itu, kekurangan kaca merk Clear ini jika dipasang ke GM Evolution, maka bunyi "krek" yang menjadi ciri khasnya helm GM Evolution akan menghilang.


FYI : GM Evolution memiliki ciri khas yaitu berbunyi pada saat kacanya diangkat dan diturunkan. Bunyi ini dihasilkan dari gesekan antara kaca dengan sidepod atau kuping helm. Bunyi "krek" hanya terdengar jika helm ini memakai kaca GM Original.


kaca clear helm pnp gm evolution, icon, fighter
Model dan stiker merk kaca helm clear terbaru.


Untuk harga, kaca bening merk Clear dibanderol 35 ribu rupiah saja. Link pembelian sudah saya cantumkan di bawah.



Tips Merawat Kaca Helm Bening


Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merawat kaca helm bening agar lebih awet dan tidak mudah lecet.


1. Bersihkan Kaca Helm Secara Rutin


Untuk menjaga agar kaca helm mu tetap awet, lakukanlah perawatan rutin, salah satunya dengan membersihkan kaca helm minimal 1 minggu sekali.


Jika ingin membersihkan kaca helm bening yang kotor, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membasuh kaca dengan air bersih.


Tujuannya adalah untuk membuang kotoran seperti debu yang menempel pada kaca yang bisa membuat kaca menjadi lecet apabila diusap dengan kain.


Setelah seluruh permukaan kaca rata dengan air, gunakan sabun mandi cair untuk membersihkan kotoran yang membandel. Sabun mandi memiliki unsur atau bahan yang lembut dan tidak berbahaya bagi material kaca helm.


Tuangkan sabun mandi ke tangan, lalu usapkan ke permukaan kaca hingga merata keseluruh bagian. Usapkan secara perlahan dan merata keseluruh permukaan hingga sudut kaca helm


Bilas kaca dengan air bersih, gunakan keran biar lebih mudah dan cepat.


Setelah permukaan kaca bersih dari sabun, keringkan kaca terlebih dahulu, biarkan sisa-sisa air turun dengan sendirinya.


Jika sudah, terakhir usap kaca dengan kain microfiber yang lembut dan halus untuk membersihkan air yang masih tersisa.


Bila perlu gunakan obat atau cairan khusus pelindung kaca untuk membuat kaca menjadi lebih mengkilap, cairan pembersih Sanpoly salah satunya.


2. Hindari Kaca dari Benda-benda Berbahaya


Saat ingin menyimpan helm setelah digunakan, usahakan meletakkan helm ditempat yang permukaannya rata dan aman dari benda-benda yang bisa membahayakan kaca, seperti kunci motor misalnya.


Akibat meletakkan helm disembarang tempat, banyak kejadian kaca helm lecet atau baret halus akibat terkena kunci motor yang tidak sengaja terjatuh dan mengenai kaca helm.


3. Hindari Meletakkan Helm di Atas Jok Motor atau Kaca Spion


Saat terburu-buru, tanpa kita sadari sering kali meletakkan helm di atas jok motor atau di atas Spion. Hal ini harus kita hindari karena helm sangat rentan terjatuh dari atas motor.


Jika sudah terjadi, hal ini lah yang paling sering menyebabkan kaca helm lecet bahkan pecah.


Meletakkan helm di atas jok motor atau di atas spion motor sebaiknya dihindari, selain helm dapat terjatuh dan merusak komponennya, meletakkan helm begitu saja di atas motor juga rawan kemalingan.