,

Kelebihan dan Kekurangan Helm Cross Buat Harian

Jundi Alfaruqi
30 Des 2021, 09:00 WIB Last Updated 2021-12-30T02:00:00Z
Kenali kelebihan dan kekurangan helm cross buat harian


Berdasarkan jenisnya helm cross termasuk ke dalam kategori helm off road yang mana pemakaian helm ini lebih diperuntukkan untuk para pelaku offroader, sebutan bagi para pecinta mototrail.


Helm trail atau cross ini memiliki desain yang unik, meskipun sekilas desainnya menyerupai helm full face namun helmnya para offroader ini memiliki bagian chinbar yang lebih panjang dan mengerucut. Selain itu terdapat juga pet atau topi panjang di atasnya.


BACA : Tips Memilih Jenis Goggle Untuk Helm Cross


Kelebihan helm cross buat harian


Desain helm cross yang tergolong cakep dan sering mencuri perhatian kini tidak hanya dipakai sebagai atribut para off roader tetapi juga di jalan raya sebagai helm harian.


Namun sayangnya helm yang dipakai tidak sesuai peruntukkannya tersebut pasti ada saja kekurangannya, seperti hal-hal yang dialami para pengguna helm cross sebagai helm harian berikut ini.


BACA : Daftar Harga Helm Cross KYT Lengkap Terbaru Semua Warna, Polos dan Motif


Kekurangan helm cross buat harian


Kemasukan Debu dan Air


Tak seperti helm pada umumnya, helm cross dirancang tidak menggunakan visor sehingga benda-benda seperti debu dan air masuk secara bebas ke dalam helm yang menyebabkan helm menjadi kotor karena debu atau basah karena air hujan. Untuk off road, hujan, debu, bahkan lumpur adalah hal yang biasa terjadi, namun untuk di jalan raya tentunya bakal berbeda.


Walaupun tersedia kecamata goggle untuk helm cross sayangnya ini tidak berpangaruh untuk air hujan. Air akan tetap merembes ke dalam melalui celah pada bagian visor yang terbuka. 


Solusi yang paling tepat untuk mengatasi hal ini sebaiknya tidak menggunakan helm cross untuk harian terutama pada musim-musim hujan.


Namun jika anda terlanjur suka dengan desain helm cross dan sangat ingin memakai helm cross untuk harian, anda bisa melirik helm jenis dual sport yang bentuk fisiknya serupa dengan helm trail namun kelebihannya helm ini memiliki visor layaknya helm pada umumnya.


Dan juga helm tanpa visor tingkat keamanannya berkurang dan akan beresiko cedera apabila pengendara terlibat kecelakaan, atau dengan kata lain peluang cedera yang lebih parah pada wajah yang tak dilindungi menjadi tinggi kemungkinannya. 


Selain absennya visor pada helm cross hal lainnya seperti berisik saat dipakai, serta pet panjangnya yang mengurangi aerodinamis bikin tidak nyaman saat dibawa ngebut jadi kekurangan helm para offroader ini.