,

Review Helm DYR Osaka, Helm yang Mirip KYT KYOTO Tapi Lebih Murah

Jundi Alfaruqi
23 Okt 2022, 23:09 WIB Last Updated 2022-10-23T16:09:52Z

DYR merupakan helm merk lokal yang cukup laris di Indonesia. Selain punya model yang cakep helm DYR banyak dilirik karena harganya yang murah.


Desain helm-helm DYR memang kebanyakan meniru helm-helm lokal yang sedang laris manis, salah satunya model DYR OSAKA yang desainnya mirip dengan KYT KYOTO.


Lantas seperti apa kualitas dari helm DYR Osaka itu sendiri, berikut review lengkapnya


SHELL ABS nya Solid


harga dan spesifikasi helm dyr osaka


Kalau kita lihat di market place harga DYR Osaka model polos dipatok Rp 200 Ribuan. Harga yang sangat murah untuk sebuah helm.


Shell helm ini menggunakan ABS, meski bobotnya ringan 1.100 gram tapi kualitasnya munurut saya cukup kokoh. Saat bagian shell pipinya ditekuk terasa cukup keras tidak mudah meleyot seperti helm murah.


Selain itu kualitas catnya juga bagus, terlihat rapih, bersih diseluruh bagian shell nya. Di unit yang saya review ini hampir tidak ada cacat sama sekali untuk kualitas cat nya. Tapi untuk ketebalan cat tergolong tipis.


Bagian yang harus diperhatikan saat membeli helm murah adalah dibagian list karet. Bagian ini suka mudah lepas dan sering jadi masalah di helm-helm murah. Tapi di DYR Osaka ini kualitas karet list nya cukup baik, baik dari segi lemnya juga dari kerapihan pemasangannya dan ketebalannya juga cukup tebal. 


Impresi Awal Pas dan Enak Dipakai


dyr osaka putih solid


Saya tidak ingin membandingkan DYR Osaka dengan KYT KYOTO, karena secara kualitas sudah bisa ditebak yang terbaik adalah KYT KYOTO, tapi saya juga tidak bisa bilang kalau kualitas helm DYR ini jelek.


Pada saat mencoba, Impresi awal yang saya rasakan tidak ada masalah sama sekali. Seluruh bagian kepala ditampung dengan baik. Dari semua sisi saya merasa helm ini sangat pas dikepala. Tidak ada bagian yang kosong atau terlalu menekan.


Busa pipinya cukup press di kepala saya, dan sejauh saya mencoba rasanya nyaman-nyaman saja. Bagian untuk ruang telinga terasa sanga pas, posisi daun telinga berada pas diposisi nya tidak tertekan apalagi melipat.


Untuk kualitas busanya terasa empuk tapi memang ini hanya busa kualitas sedang yang gampang tipis. Untuk bahan kainnya cukup bagus menurut saya, dari segi jahitan cukup rapih, walaupun masih banyak bekas-bekas benang jahit yang tertinggal atau berlebih.


Fitur-fitur Pas-pasan tapi Cukup Buat Sehari-hari


Untuk harga 200 ribuan kita tidak bisa banyak berharap, apalagi membandingkan dengan yang harganya lebih mahal, jelas tidak adil.


Ratchet / Dudukan visor


Pastinya dengan harga 200 kita udah dapatin fitur-fitur standar yang sangat pas-pasan untuk menuhin kebutuhan berkendara sehari-hari. Misalnya helm ini udah punya fitur quick visor release walaupun kualitasnya pas-pasan banget, ratchet nya tipis tapi tetap bisa digunakan dengan baik dan manfaatnya fitur tersebut masih bisa kita rasakan di helm DYR Osaka ini. Dan jarang banget loh helm 200 ribuan yang pakai mekanisme visor quick release seperti ini.


Bentuk dan mekanisme ratchet quick release di helm DYR Osaka mirip banget dengan KYT KYOTO. Tapi ini lebih tipis dan harus hati-hati saat digunakan karena kelihatan bahannya agak mudah patah. Berikut video cara melepas dan memasang kaca helm DYR Osaka yang mirip banget dengan KYT KYOTO.



Untuk visor bahannya lentur dan untuk ketebalan nya menurut saya ini cukup tipis. Tapi kalau dilihat dari bahannya, visor di helm ini lumayan kuat, sepertinya jatuh 1 atau 2 kali masih bisa bertahan.


Di bagian dalam terdapat 2 komponen yakni busa pipi dan kain crown pad. Sayangnya saat saya mencoba melepas busa, yang bisa dilepas hanya bagian busa pipinya saja, untuk kain crown pad tidak bisa dilepas.


Cheek pads


Ada hal unik dibagian busa atas, helm ini punya busa leher yang menyatu dengan busa atasnya, busa leher ini bisa ditarik keluar atau di lepas, tapi sayangnya di kain atas bagian depan itu dikasih lem, jadi tidak bisa dibuka. Cukup aneh sih menurut saya, kayak DYR nanggung-nanggung gitu, kenapa tidak dibuat bisa dilepas aja sekalian, pastinya bakal lebih bagus dan makin lengkap fitur di busanya. 


Untuk fitur lainnya, DYR Osaka sudah dibekali dengan tali helm model microlock yang kualitasnya standar-standar saja.


Standar Helm Sudah SNI Certified


standar SNI


Dengan harga 200 ribu pas, kalian bisa dapatin helm DYR Osaka yang sudah berstandar SNI. Artinya helm ini sudah aman buat dipakai di Indonesia.


tali helm microlock


Tali di helm ini sudah menggunakan sistem Microlock.


Cheek Pads


Busa pipi di helm DYR Osaka ini bisa dilepas, sistemnya menggunakan kancing besi.


aksesoris vent depan


Kalau kita perhatikan sekilas, bentuk cover di atas helm itu tampak seperti ventilasi tapi ternyata itu hanya hiasan atau aksesoris.


aksesori vent belakang


Bentuk cover yang menyerupai ventilasi belakang ini juga sama seperti cover vent atas, cuma sebagai aksesoris.


EPS Shell


Jika bagian crown pad dilepas, seperti inilah bentuk EPS Shell di helm DYR Osaka yang berwarna putih.


Kesimpulannya helm DYR Osaka ini rekomended buat dibeli karena fitur dan spesifikasinya bisa digunakan buat mencukupi kebutuhan helm harian. Harganya yang murah dan sudah berstandar SNI, helm ini enak dipake buat pergi kepasar atau dijadiin helm untuk anak sekolah. Untuk anak SMP, Atau SMA yang udah wajib pake helm, helm DYR Osaka yang harganya terjangkau ini bisa jadi pilihan terbaik.