,

Helm Terbaru JPX Nova X : Spesifikasi dan Harga

Jundi Alfaruqi
16 Agu 2022, 22:58 WIB Last Updated 2022-08-31T02:57:39Z
Helm Terbaru JPX Nova X : Motif Hitam Doff
JPX Nova X Motif Hitam Doff ( foto: JPXHelmet Offical Store )

Spesifikasi dan Harga

  • Harga : Solid 725.000, Motif 750.000
  • Shell : ABS
  • Berat Helm: 1.400 Gram
  • Tali Dagu : Microlock
  • Standar : SNI dan DOT
  • Fitur : Glasses Fit, Intercom Ready, Double Visor,  Removable Inner Liner, Quick Visor Release, Air Vent. 
  • Ukuran : L, M, XL


Helm Half face JPX baru ini namanya Nova X. 


Helm keluaran terbaru JPX seri half face yang baru saja dirilis oleh PT Jaya Plastik Mandiri lewat event GIASS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2022 yang diselenggarakan sejak sabtu kemarin dan bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang.


Akhirnya setelah beberapa kali muncul tipis-tipis di akun instagram, JPX Nova X series rilis secara resmi.


Diawal penampakannya helm ini sedikit bikin saya penasaran dan bikin makin tambah penasaran setelah tau harganya. 


Yap, harga Nova X series ini dibanderol Rp 700 ribuan. Untuk sebuah helm half face yang harganya justru lebih mahal dari seri trailnya, JPX Fox 1. 


tampak belakang helm jpx nova x : motif hitam doff glossy


Saya pribadi cukup terkejut, tiba-tiba JPX ngerilis helm half face di harga segitu. Padahal perkiraannya harga helm Nova X ini bakal lebih murah dibanding helm lain seperti NJS Kairoz, RSV SV300, dkk.


Penilaian saya yang awalnya negatif tiba-tiba berubah setelah tau fitur-fitur apa aja yang dimiliki oleh helm ini.


Nova X series hadir dengan fitur double visor yang terintegrasi dengan tombol quick visor change, membuat penggunaan jadi lebih nyaman dan praktis tentunya. 


Fitur keren dan kekinian yaitu glasses fit ikut hadir menemani helm half face terbaru buatan lokal yang cakep ini.


Ngomong-ngomong soal fitur, Nova X Half Face juga sudah dilengkapi dengan fitur speaker pocket untuk pemasangan piranti komunikasi helm atau yang lebih akrab kita kenal dengan sebutan intercom.


Dari segi desain, menurut saya helm ini cakep, desain sporty, terlihat aerodinamis, ada spoiler, keren lah pokoknya, ala-ala desain helm yang lagi kekinian.


Dan tentu aja dengan hadirnya JPX Nova X ini menambah variasi helm keren pabrikan lokal. Sekaligus membuat persaingan produk helm lokal jadi makin menarik.


Tapi rasanya kok saya pribadi agak sedikit bosan ya, melihat desain helm baru yang keluar  terlihat seperti itu-itu saja modelnya. 


Kesannya kaku seperti tidak ada hal menarik yang bisa dibanggain selain soal desain dan fitur-fitur yg justru seperti itu-itu saja. Padahal ada banyak hal lain yang masih menjadi PR, terutama saol kenyamanan dan keamanannya.


Tapi itu pendapat pribadi saya sendiri ya, soal desain helm. sebenernya tidak ada masalah juga, yang penting helmnya resmi, original, dan bersertifikasi, itu juga tidak kalah pentingnya.


Namun harapan saya, bagi para produsen helm, setidaknya adalah ciri khas khusus dari setiap produk helm baru. Atau mungkin menghadirkan fitur-fitur lainnya yang lebih inovatif, jangan cuma intercom ready, glasses fit, antifog, itu mah udah biasa, fitur-fitur inovasi lain lah, misalkan fitur tali helm yang pakai magnet (fidlock), atau inner sun visor yang bisa dilepas pasang dengan sistem quick release, atau yang lainnya.


Balik lagi ke Nova X, helm ini dibekali spesifikasi busa yang lembut dan nyaman yang bisa dilepas pasang.


Untuk warnanya, JPX Nova X series tersedia varian solid dan motif grafis. Untuk sertifikasinya helm half face ini sudah memiliki standar SNI dan DOT.


Untuk aksesoris visor, JPX menyediakan 3 varian visor Iridium (red, gold, silver) yang dijual secara terpisah, harganya 180 ribu rupiah.