,

Helm Vata7 X1 Punya Fitur LED Pintar dan Bobot Super Ringan

Jundi Alfaruqi
26 Jul 2022, 15:43 WIB Last Updated 2022-08-22T07:02:51Z
Helm Vata7 X1 Led Full Face


  • Helm Full Face Vata7 X1 rilis juli 2022 ini dapat dipesan secara online melalui situs resmi vata7.com.
  • Helm buatan swiss ini memiliki fitur canggih yaitu lampu smart LED yang bisa dikostumasi melalui aplikasi di handphone (Android dan IOS)
  • Lebih canggihnya lagi fitur smart LED Vata7 X1 tersebut bisa terintegrasi dengan sistem lampu motor secara wireless. 


Kotakhelm.com Baru-baru ini sebuah brand Vata7 asal Swiss telah resmi merilis helm Vata7 seri X1 Smart LED full face. Meski baru melihatnya sekilas, namun helm ini langsung menarik banyak perhatian.


Pasalnya helm dengan model full face ini memiliki fitur yang bisa dibilang sangat nyentrik yaitu fitur lampu LED. LED ini bukan sekedar sebuah lampu, tetapi lampu cerdas yang dapat kita atur dari layar Android dan Iphone. 


Lampu LED yang ditanam pada helm Vata7 X1 ini terdiri dari dua lampu depan kiri dan kanan dekat pelipis serta satu lampu horizontal 360° di belakang. Lampu LED pada helm dapat diatur melalui aplikasi yang telah disediakan. 


Helm VATA7 X1 : VATA7 APP


Nama aplikasinya Vata7 yang bisa di download melalui Playstore (untuk android) dan App Store (untuk IOS) secara gratis. 


Diaplikasi Vata7 tersebut ada beberapa pilihan menu untuk mengatur lampu LED helm Vata7 X1 ini. Mulai dari mengatur model pencahayaan, menghidupkan atau mematikan lampu bagian tertentu pada helm, mengatur kecepatan kedipan lampu LED hingga mengatur tingkat terang cahaya lampu LED. 


Pada pilihan menu model pencahayaan, tersedia 3 model pencahayaan yang bisa kita pilih: Solid, Flashing, atau Burst.


Lalu untuk lampu mana saja yang ingin kita hidupkan juga bisa diatur. Ada 3 opsi yang bisa kita pilih : semua lampu LED hidup, hanya lampu LED depan yang hidup, atau hanya lampu LED belakang yang hidup.


Selain itu, yang lebih kerennya lagi, lampu LED Vata7 X1 ini bisa terhubung dengan sistem lampu motor sehingga penggunaan lampu pada motor akan otomatis diikuti oleh lampu LED di helm.


Contoh misalkan pada saat kita menekan pedal rem, lampu rem motor akan hidup secara otomatis lampu LED pada helm juga akan menyala memberi isyarat seperti layaknya lampu rem.


Begitu juga lampu lainnya, seperti lampu sein, saat lampu sein kanan motor dihidupkan, maka lampu LED helm bagian depan sebelah kanan akan otomatis berkedip layaknya lampu sein.


Simak video menarik Helm Vata7 X1 berikut ini :



Yang menarik adalah kinerja otomatis lampu LED pada helm yang terintegrasi dengan sistem lampu motor ini semuanya menggunakan mekanisme wireless Bluetooth alias tanpa kabel.


Bagaimana caranya lampu LED ini bisa terhubung dengan sistem lampu pada motor?


Lampu LED helm terhubung dengan sepeda motor menggunakan perangkat wireless transmitter yang sudah disediakan. Transmitter dipasang ke dalam mesin motor, lalu setelah semua terpasang, secara otomatis pada saat lampu LED helm diaktifkan maka sistem lampu motor akan saling terkoneksi. 


Cara mengaktifkan lampu LED pada helm ini sangat mudah yaitu dengan menekan tombol dibagian dalam dagu (chinbar). Tekan sekali lagi untuk mematikannya. 


Untuk dayanya, LED pada helm Vata7 X1 ini dibekali baterai yang dapat diisi-ulang. Daya tahan baterainya diklaim mampu bertahan hingga 24 jam pemakaian setelah pengisian penuh. Dan untuk ketahanan lampu LED nya sendiri diklaim hingga 50ribu jam.


Helm Vata7 X1 -  Penampakan Tombol dan Port USB C
Foto Vata7 X1 : bentuk tombol on-off LED (sumber facebook : WebBikeWorld)


Lubang charger untuk lampu LED nya sudah menggunakan port Type C, letak port ada di dalam dagu, gabung dengan tombol on off. Lampu LED ini juga dibekali fitur waterproof dan tahan debu. 


Dilengkapi Built-In Bluetooth Intercom


Helm pintar Vata7 X1 LED ini juga dibekali intercom bluetooth yang sudah terpasang secara default.


Untuk posisinya berada di sebelah kiri bawah helm. Bentuknya mungil dan tersamarkan karena warna hitamnya yang senada dengan warna helm. Jika dilihat sekilas mungkin banyak yang tidak menyadarinya. 


Dirangkum dari webbikeworld.com, 5 April 2022, merk perangkat intercom nya sendiri diisi oleh Sena, sebuah brand intercom ternama yang sudah terkenal di dunia intercom.


Beratnya Cuma 0.9 Kg


Bagaimana bisa helm dengan model full face dengan fitur LED dan intercom punya bobot super ringan cuma 0.9 Kg? jika benar, berarti ini adalah helm full face teringan yang pernah kami bahas.


Belum banyak informasi yang kami dapat tentang helm ini. Namun ada satu video dari facebook WebBikerWorld (link sebelumnya) yang mengulas prototipe Vata7 X1 secara detail.


Helm Vata7 X1 Led : Foto Lengkap



Dalam video yang berdurasi 15 menit tersebut, terungkap seperti apa fisik lampu LED yang dipasang di helm serta berat sebenarnya helm terbaru dari Vata7 ini.


Namun sayangnya WebBikerWorld belum bisa berbicara lebih jauh tentang helm pintar tersebut karena unit Vata7 X1 yang dia pegang masih berupa prototipe.


Untuk spesifikasi lainnya yang tertera pada vata7.com, helm Vata7 X1 menggunakan material Carbon Fiber, dengan varian shell size sebanyak 8 ukuran.


Lalu visornya menggunakan visor flat optic class 1 yang sudah support pinlock. Untuk tali helm memakai model Double D Ring.


Standar helm Vata7 X1 ini dapat dikatakan sangat lengkap mulai dari DOT, ECE22.06, SNELL, JIS hingga FIM MotoGP. Untuk harganya dibanderol $699 atau setara Rp10.500.000 rupiah dengan garansi selama 5 tahun. Untuk pemesanan, bisa langsung kunjungi situs VATA7.com ya.