Iklan

,

Kenapa Harga Helm Bisa Mahal? Hingga Puluhan Juta

Jundi Alfaruqi
6 Nov 2021, 07:30 WIB Last Updated 2021-11-11T23:03:55Z
Harga helm bisa mahal karena
Rp 18,8 Juta untuk harga sebuah Helm merk AGV Pista GP-RR Misano 2019 'Menu Di Misano' Limited Edition


Pernah enggak sih kepikiran, kenapa harga helm bisa berbeda-beda? ada yang murah, ada pula yang mahal. Padahal kelihatannya hanya seperti bongkahan plastik berbentuk seperti bola yang dihiasi pernak-pernik atau motif, bahkan medelnya pun hampir serupa satu dengan lainnya.


Kalau yang murah pasti sudah biasa, tapi gimana kalau yang harganya sampai jutaan, bahkan puluhan juta? Apasih yang membuat helm-helm tersebut bisa sampai semahal itu? Tentunya ada alasannya, dan ada faktor-faktor yang membuat harga helm bisa mahal.


KUALITAS BAHAN YANG DIGUNAKAN


Kenapa harga helm bisa mahal
Bagian-bagian helm SHOEI


Yang namanya barang sudah pasti dibuat dengan bahan, setiap bahan selalu punya kualitas, semakin bagus kualitas bahannya maka harganya juga semakin mahal. Begitu juga dengan helm, mulai dari kualitas bahan untuk cangkangnya, bahan EPS, Kaca, sampai dengan busa di dalamnya. 


BACA JUGA : 34 Daftar Harga Helm KYT Semua Tipe UPDATE November 2021


Plastik yang digunakan sebagai bahan untuk pembuatan cangkang helm misalnya, bahan yang digunakan memiliki tingkatan, mulai dari yang paling murah sampai dengan yang paling mahal.


ABS adalah salah satu bahan plastik yang dipakai untuk pembuatan cangkang helm. Material ini biasanya dipakai di helm-helm biasa, sering kita jumpai di jalan, lebih diperuntukkan buat helm yang pemakaiannya untuk rutinitas berkendara sehari-hari, pergi kerja, ke kantor, ke pasar, dll.


Sedangkan untuk rutinitas yang extream seperti balapan, membutuhkan helm yang tingkat keamanannya lebih tinggi. Jenis bahan yang digunakan juga harus lebih kuat. Biasanya dan standarnya bahan helm balapan paling minimal adalah tri composite fiber atau sesuai kelas dan regulasi.


Adalagi jenis yang paling tinggi, yakni Carbon. Bahan ini dikenal karena kuat dan juga ringan. Makanya helm-helm mahal brand terkenal seperti AGV, khususnya seri Pista GP R yang dibuat khusus untuk balapan, memakai bahan yang terbuat dari 100% carbon.


Setiap produsen helm pasti akan memilih material terbaik untuk kualitas produk mereka. Dan pemilihan material yang mereka gunakan menjadi salah satu foktor yang menentukan harga helm tersebut.


PENELITIAN, PENGUJIAN DAN PENGEMBANGAN


Helm yang mahal selalu punya kelebihan khusus baik dari segi spesifikasi maupun fiturnya. Dibalik proses pembuatan helm, ada tim ahli yang bekerja, mulai dari merancang desain, pemilihan bahan, sampai tahap pengujian. 


BACA JUGA : 11 Helm Desain Keren Harga 1 sampai 2 Jutaan


Penelitian dilakukan untuk menghasilkan produk terbaik. Semakin dalam penelitian yang dikerjakan dan semakin lama waktu penelitian yang dihabiskan, maka biaya yang dikeluarkan produsen juga semakin besar.


BRANDING


Harga helm kenapa bisa mahal
Tidak bisa dipungkiri, branding adalah strategi dagang yang jadi salah satu faktor pembuat harga sebuah produk bisa menjadi sangat mahal, termasuk juga helm. 


BACA JUGA : Helm SHOEI X-Fourteen Marquez 6 PAKET SPESIAL : Cuma ada 93 Buah, Harga 15,1 Juta


Helm yang dipakai oleh pembalap terkenal seperti Marquez, Lorenzo apalagi yang sudah melegenda seperti Rossi, harganya jauh lebih mahal dibanding helm merk lain.


Helm-helm lokal sendiri sudah mengikuti strategi ini. contohnya seperti merk NHK, KYT, membangun branding dengan mensponsori pembalap tertentu. Kualitas produk helm lokal sekarang sudah semakin berkembang, banyak inovasi-inovasi baru yang bermunculan yang disambut positif oleh banyak konsumen.


BACA JUGA : Cara Mengukur Lingkar Kepala Agar Kita Tahu Ukuran Helm Yang Pas