Review aplikasi intercom gratis untuk android tanpa kuota -->
Cari Berita

Review aplikasi intercom gratis untuk android tanpa kuota

Reece Townsend
Kamis, 07 Mei 2020

Sudah sekitar 1 minggu saya nyobain aplikasi namanya intercom for android. Mungkin anda belum pernah mendengar aplikasi ini ya, tapi kalau intercom pasti udah tau lah ya fungsinya buat apa. Kalau biasanya intercom itu berbentuk alat atau perangkat kali ini intercom berbentuk aplikasi.

Sebenarnya dia udah dilaunching digoogle play store dari tahun 2011 lalu dan update terbarunya di 29 juni 2019 kmaren. Buat yang belum tau, aplikasi ini dikelola oleh Infinite Buffer dan sudah lebih dari 1 juta kali didownload dengan 7 ribu ulasan penggunanya.

Saya jadi tertarik nyobain aplikasi ini karena dia ngaku-ngaku sebagai aplikasi intercom untuk android yang bisa dipakai tanpa kuota data. Kalau biasanya buat intercom itu kita butuh alat khusus intercom yang harganya cukup mahal, dengan aplikasi ini anda cukup sediakan Hp android dan handsfree saja. Dan yang pasti karena aplikasi ini gratis.


Tutorial menggunakan aplikasi intercom gratis di Android


Buat yang penasaran, anda bisa install lewat google play store namanya intercom for android. Ukurannya kecil aja cuma 4,8 Mb.

Habis install kita diminta untuk mengizinkan aplikasi untuk merekam audio dan melakukan mengelola panggilan telepon. Pilih izinkan.

izinkan aplikasi untuk menggunakan audio

Kemudian akan muncul panduan dasar, di skip aja,

tutorial dasar aplikasi

Sampai nanti anda masuk ke tampilan menu aplikasinya kaya gini.

halaman dashboard

Agar perangkat bisa saling terhubung, klik gambar kompas yang ada di halaman awal. Kemudian pilih menggunakan jaringan Bluetooth atau WiFi.

Kalau anda klik WiFi maka bakal muncul pilihan, mau pakai jaringan WiFi atau Hotspot WiFi.

Semua device yang terhubung dalam jaringan yang sama namanya akan muncil di layar seperti ini,


Sekarang anda sudah bisa mengobrol dengan teman atau boncengan anda sambil tetap fokus motoran.

Oia diaplikasi ini anda bisa atur mau push to talk (PTT) atau otomatis deteksi suara. Saran saya sih lebih bagusn distel otomatis deteksi suara biar praktis nggak ribet nekan-nekan tombol.

Caranya klik tombol lingkaran titik hitam di menu atas untuk berganti mode dari ptt ke mode deteksi suara.


Disampingnya ada tombol icon speaker, fungsinya untuk memilih mau mendengarkan suara dari speaker hp atau dari handsfree. Karena kita pake handsfree jadi kita matiin aja speakernya.

Kemudian disampingnya lagi ada icon lonceng untuk efek suara. Saya belum tau fungsi tombol ini buat apa, barangkali ada teman-teman yang lebih pengalaman bisa tulis dikomen.

Anda juga bisa merubah nama perangkat, caranya klik ikon titik tiga disudut kanan atas, pilih pengaturan lalu buat nama perangkat sesuai keinginan.


Aplikasi ini berjalan di latar belakang selama kita tidak menekan tombol keluar. Untuk menghentikan aplikasi klik dua kali pada tombol back/kembali.

Walaupun fiturnya minim alat ini udah lebih dari cukup ngebantu buat berkomunikasi dimotor, setidaknya saya nggak perlu teriak-teriak buat ngomong sama teman yang dibonceng.

Bacaan Menarik: Arti dan kepanjangan kata sunmori dan satmori

Dan biar suaranya terdengar jelas enggak berisik, microphone handsfree saya tempel dikaca helm bagian dalam pakai selotip. Walaupun masih terdengar sedikit ribut tapi lebih mendingan daripada tergantung di luar.

Oia kelemahan kalau pakai jaringan bluetooth hanya bisa terhubung dengan satu perangkat saja. Selain itu tidak ada fitur buat rekam audio. Dan hanya mengingatkan kalau aplikasi ini mengonsumsi daya battery Hp.

Untuk pengguna jaringan hotspot wifi nggak perlu khawatir karena kuota yang terpakai hanya sedikit, dalam satu hari kalau aplikasi ini hidup non stop pemakaian 3 orang, hanya memakan kira-kira 20 atau paling banyak sampai 30 mb tergantung penggunaan bisa lebih bisa kurang.

Keunggulan Aplikasi:


  • Gratis modal hp dan handsfree
  • Khusus bluetooth enggak makan kuota
  • Mode deteksi suara

Kekurangan Aplikasi:


  • Minim fitur.
  • Koneksi jaringan terpengaruh oleh provider yang dipakai.
  • Mengonsumsi battery hp
  • Versi gratis ada iklannya

Fitur aplikasi ini sangat sederhana sih tapi manfaatnya bakal berasa banget buat saya yang butuh intercom mendadak ditambah lagi gratis enggak ngeluarin biaya sepeser pun kecuali kuota yang enggak seberapa tadi.

Karena ini gratis fiturnya yang minim tidak bisa disamakan dengan intercom sekelas sena dan kawan-kawannya. Yang pasti aplikasi ini wort it banget buat dicoba.

Sekian untuk artikel review aplikasi intercom kali ini, jangan lupa share kalau anda suka dengan artikel ini dan komen kalau anda punya penilaian sendiri. Sampai jumpa di artikel berikutnya.