2 Kriteria Pemilihan Helm Terbaik -->
Cari Berita

2 Kriteria Pemilihan Helm Terbaik

Jundi Alfaruqi
Rabu, 15 April 2020

Saat ini ada ratusan bahkan ribuan helm yang dijual dipasaran dengan model yang sangat beragam. Dari yang berjenis full face, half face, open face, motorcross, modular dan masih banyak lagi, dimana kesemuanya memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing.

Tapi tahukah anda bahwa tidak semua helm bisa dikategorikan bagus, anda harus pandai memilih helm dengan baik dan benar agar helm sebagai perangkat keselamatan dapat menjalankan fungsinya secara meksimal.

Oleh sebab itu sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah helm baru ada baiknya anda mengetahui kriteria-kriteria apa saja yang harus dimiliki sebuah helm terbaik.

2 kriteria pemilihan helm terbaik

1. Keamanan

Hal paling utama yang harus anda perhatikan adalah bagaimana helm yang anda pakai dapat melindungi keselamatan kepala anda yang berharga. Saya tidak ingin menakut-nakuti, tapi banyak kasus kecelakaan mengerikan terjadi setiap hari. Efek cedera parah pada area kepala yang disebabkan buruknya kualitas helm yang dipakai menjadi faktor utamanya.

Kita tidak pernah tau apa yang akan menimpa kita dijalan, bahkan seandainya terjadi kecelakaan kita juga tidak akan tau seperti apa kita terjatuh, bagian dari tubuh mana yang bakal mengalami cedera, atau benda apa yang akan menghantam kepala kita pertama kali.

Berdasarkan penelitian di sebuah laboratorium ternama di Amerika yang meniliti tentang dampak benturan pada area kepala akibat kecelakaan menyebutkan bahwa bagian dagu dan mulut adalah bagian yang paling rentan mengalami cedera apabila bagian wajah menghantam aspal terlebih dahulu.

Full Face adalah model helm pilihan paling aman, helm ini dapat melindungi seluruh area kepala termasuk dagu dan mulut karena adanya pelindung dagu (chin bar). Helm ini memang tidak senyaman dibandingkan helm open face apalagi half face, tapi untuk soal keamanan helm full face tidak ada kelemahannya.

Soal harga memang helm full face lebih mahal harganya, kisaran harga sekitar 400 ribuan hingga puluhan juta. Saya tidak menyuruh anda harus membeli helm yang paling mahal, tentunya anda juga harus memikirkan budget, kebutuhan dan lain sebagainya.

Tips dari saya sebaikanya belilah helm lokal yang sudah jelas merknya. Selain aman, berkualitas, harganya juga masih terjangkau. Berikut adalah beberapa merk helm lokal yang bagus, direkomendasikan dan memiliki standar SNI yang terverifikasi oleh BSSNI
  • KYT
  • GM
  • NHK
  • INK
  • KBC
  • CARGLOSS
  • RSV
  • CABERG
  • MDS
  • BMC
  • JPX
  • SHEL
  • dll

Helm tidak hanya tentang fitur canggih atau disain terbaru semata. Jangan mudah tergiur dengan tawaran fitur canggih sampai melupakan fitur keamanan. Anda juga harus berhati-hati, ada banyak helm sampah dari China dipasaran beredar secara bebas tanpa standar keamanan yang jelas, tanpa izin, sangat beresiko tentunya dan tidak direkomendasikan.

Soal uji kekuatan tingkat keamanan helm biarkan badan standar resmi yang bertugas dan memiliki wewenang penuh untuk bicara. Bukan tugas kita, jadi biarkan SNI, DOT, ECE, SNELL, SHARP, dll yang bekerja.

2. Kenyamanan

Setiap orang tentunya menginginkan helm yang nyaman. Ada 4 faktor utama yang harus dipertimbangkan saat mengukur tingkat kenyamanan helm yaitu,

Berat

Berat merupakan faktor yang menentukan kenyamanan saat memakai helm. Semakin ringan helm maka semakin nyaman. Helm yang berat pasti akan menyebabkan ketidaknyamanan, leher yang memikul beban berat akibat helm dapat menyebabkan sakit pada leher. Efek ini akan terasa ketika anda melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan menggunakan helm.

Tingkatan atau level berat helm dari paling ringan sampai paling berat di ambil dari data perbandingan berat 272 helm open face, full face, dual sport, flip up, off road dan modular.

 Ringan (Gram)  Sedang (Gram)  Berat (Gram)
 984 Gram - 1.350 Gram  1.450 Gram - 1.500 Gram  1.600 Gram - 2.000 Gram

sumber: www.webbikeworld.com : Motorcycle Helmet Weight Comparisons (272 Helmets Compared!)

Jika bisa pilihlah helm seringan mungkin untuk kenyamanan leher dan kepala anda. Keterengan jumlah berat helm bisa anda lihat di bagian belakang helm.

Noise

Suara berisik yang ditimbulkan oleh gesekan angin yang menabrak helm memang sangat terasa menganggu. Sebagian orang akan mencari helm dengan anti noise yaitu helm yang mampu meminimalkan atau bahkan menghilangkan suara angin yang mengganggu.

Berikut ini adalah 5 Helm paling hening di dunia:
 No  Merk Seri Helm  Harga  Standar
 1  Shoei Neotec Modular  Rp 11.100.000  D,E
 2  Arai Signet-Q  Rp 10.614.000  D,E
 3  Shoei Rf-1200  Rp 8.305.000  D,E
 4  HJC RPHA-11 Pro  Rp 5.630.000  D,E
 5  Arai XD4 Helmet  Rp 9.480.000  S M2020

Adjustability

Kenyamanan sangat dipengaruhi dengan ketepatan pemilihan size yang sesuai dengan kepala. Setiap orang memiliki bentuk dan ukuran lingkar kepala yang berbeda. Sebelum anda membeli helm pastikan anda mengetahui ukuran lingkar kepala anda.

Cara mengukur lingkar kepala untuk memilih ukuran helm yang sesuai

  1. Siapkan meteran pakaian, jika tidak ada bisa gunakan tali rafia dan penggaris
  2. Ukur lingkar kepala dengan meteran
  3. Lihat keterangan ukuran pada helm
  4. Pilih ukuran helm yang ingin anda beli sesuai dengan ukuran lingkar kepala anda
  5. selesai

Contoh, misalnya saya ingin membeli helm cross JPx fox1, setelah saya ukur dengan meteran ternyata lingkar kepala saya adalah 62Cm. Pada tabel size chart JPx Fox1 ternyata ukuran yang pas buat lingkar kepala 62Cm adalah XL. Maka ukuran yang akan saya pilih adalah XL.

tabel size chart helm cross jpx fox1
Tabel ini adalah tabel size chart kusus untuk helm JPx Fox1, untuk helm lain anda bisa cari size chart  helm tersebut di google atau melihat langsung keterangan di helm.

Kemudian untuk lebih memastikan, sebaiknya anda lakukan fitting atau mencoba helm secara langsung dikepala. Jika anda ragu memilih size, anda bisa tanyakan langsung ke situs helm yang ingin anda beli.

Airflow/Ventilation

Siapa yang nyaman apabila helm yang digunakan terasa panas hingga keringat bercucuran dan membanjiri helm. Makanya penting untuk memilih helm dengan ketersediaan ventilasi yang  memadai. Terutama untuk anda yang akan melakukan perjalanan jauh dengan helm.

Jadi saya akan mengutip kesimpulan bahwa ada dua kriteria dasar memilih helm terbaik yaitu, keamanan dan kenyamanan, tetapi masih ada banyak kriteria lain tergantung pada peruntukan helm tersebut digunakan.