Yang wajib kamu ketahui tentang kenyamanan dan ukuran helm
Cari Berita

Advertisement

Yang wajib kamu ketahui tentang kenyamanan dan ukuran helm

Jundi Alfaruqi
Thursday, 12 September 2019

Kenyamanan dan Ukuran: apa yang perlu diperhatikan pada helm baru

Mengetahui cara mendapatkan helm yang nyaman dengan ukuran yang tepat adalah hal yang pasti diinginkan oleh setiap orang.

Para ahli dari SNELL, SHARP selalu menganjurkan agar memilih helm terbaik yang dapat membuat nyaman saat berkendara dan mampu bekerja secara optimal dalam memberikan perlindungan.

Confort liner
Inner Liner / Confort Liner

Tapi bagaimana mencari helm terbaik di pasaran yang tentunya ada begitu banyak pilihan yang beragam? Kali ini kotakhelm.com akan berbagi tips hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli helm baru.

FITTING

Baca panduan cara mengukur lingkar kepala untuk mendapatkan size helm yang tepat. Pada dasarnya helm haruslah pas dikepala, tidak goyang atau longgar, terasa kencang tetapi tidak terlalu kencang dan pastikan tidak ada titik-titik tekanan yang berlebihan pada setiap bagian.

Yang perlu diingat adalah, ketika Anda pertama kali membeli helm, pasti akan terasa nyaman dan ketat tetapi akan akan menjadi longgar setelah digunakan beberapa kali.

Jadi kesimpulannya anda perlu mendapatkan helm yang pas atau sesuai ukuran kepala. Jika membeli helm secara online atau melalui internet, pastikan anda membeli dari toko yang bisa menerima penukaran/pengembalian apabila ukurannya tidak sesuai.

GLASSES

Jika Anda mengenakan kacamata saat berkendara, Anda akan membutuhkan helm yang dapat menampung tangkai kacamata. Jika tidak maka tangkai kacamata akan mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Untungnya sekarang sudah banyak helm dengan fitur glasses fit (support kacamata). Biasanya helm dengan fitur ini memiliki ruang khusus untuk menyelipkan tangkai kacamata sehingga tidak menekan kebagian wajah.

Fitur ini tertera di spesifikasi helm tersebut. Jika anda ragu bisa langsung bertanya ke penjual atau browsing di google.

REMOVABLE LINING

Dulu jarang dan hanya ditemukan di helm mahal, tetapi sebagian besar helm saat ini sudah memakai liner di dalam termasuk busa pipi dan kain interior atas yang (relatif) bisa dilepas sehingga Anda dapat mencucinya.

Sebagian besar cenderung menggunakan sistem kancing plastik untuk menempel lapisan pada helm (kancing dan magnet) sehingga Anda hanya perlu menarik keluar popper dengan hati-hati lalu anda dapat mencuci liner secara manual dengan tangan atau menggunakan mesin. Tetapi periksa panduan pengguna untuk helm Anda sebelum melakukannya.

MATERIAL LINER YANG DIGUNAKAN

Akhir-akhir ini ada banyak nama dan singkatan yang digunakan untuk bahan-bahan kain di dalam helm.

Seperti CoolMax, Hydradry, Interpower; Anda akan menemukan semuanya digunakan dalam helm. Tapi kira-kira manakah yang terbaik?

Kebanyakan helm saat ini menggunakan kain helm dengan fitur anti air dan anti bakteri. Berikut ini adalah beberapa kain liner yang akan anda temukan digunakan di dalam helm.

CoolMax adalah salah satu kain paling umum digunakan oleh banyak merek helm (Kabuto, AGV, Nexx, dll.). Ini adalah kain poliester yang dirancang untuk dapat mencegah kelembaban dan menjaga kepala anda tetap dingin.

Dri-Lex terkadang ditemukan di helm AGV. Ini adalah jenis kain dengan bahan pencegah kelembaban yang dibuat oleh Faytex yang juga memiliki rasa yang lembut dan tahan terhadap abrasi.

Hydradry adalah kain liner dengan bahan yang menyerap panas dan tahan air yang digunakan di dalam helm Icon.

Interpower adalah kain yang banyak ditemukan di dalam beberapa helm Suomy yang dirancang untuk mengurangi titik kontak antara kulit dan kain sehingga mengurangi penumpukan kelembaban.

KwikWick 2 adalah nama yang diberikan Scorpion Exo pada kain interior helm mereka. Ini adalah jenis bahan yang lembut dan bagus yang dapat menyerap keringat dari kulit, bersifat hipoalergenik dan dapat dicuci dengan mesin.

Max Dry adalah kain interior pencegah kelembaban berkualitas tinggi dan nyaman yang digunakan oleh Shoei. Mereka mengklaim bahan ini mampu menyerap dan menghilangkan keringat dua kali lebih cepat dari interior nilon.

Oko-Tex 100 kadang-kadang ditemukan di helm Schuberths. Bersertifikasi internasional yang memastikan kain tidak berbahaya bagi pengguna. Jadi jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, maka ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Polygiene ditemukan di dalam beberapa helm HJC. Polygiene dirancang untuk mengurangi bau dengan menghentikan pertumbuhan bakteri menggunakan sejumlah kecil perak klorida dalam kainnya.

Ritmo adalah bahan yang dingin, anti kelembaban yang digunakan oleh AGV untuk menutupi beberapa busa pipi helm mereka.

ShinyTex kadang-kadang ditemukan di dalam helm Schuberth.

SuperCool adalah kain interior yang digunakan dalam HJC yang dikenal nyaman, mencegah kelembaban dan kain anti bakteri yang dirancang untuk menyerap keringat dari kepala dan membuat Anda tidak hanya keren tetapi juga SuperCool.

Virus Cool Jade adalah nama yang mungkin Anda lihat di helm Bell. Lapisan Giok dicampur dengan batu giok, dirancang untuk mengurangi suhu pada permukaan kulit hingga 10 derajat (f) sehingga dapat menjaga kepala Anda tetap dingin. Virus adalah nama perusahaan yang membuat kain.

X-Mart adalah kain yang dirancang untuk menghilangkan kelembaban dan juga anti alergi. Ini digunakan di dalam beberapa helm Nexx.

X-static XT2 silver liner juga merupakan nama jenis kain di Bell, kali ini untuk lapisannya berisi benang perak. Pada dasarnya, perak memiliki sifat antimikroba sehingga menenun benang perak tipis ke dalam kain menjaga dari bakteri dan mengurangi bau.

BACA JUGA: Daftar Harga Helm AGV Semua Tipe Terbaru (2018-2019)