Mengenal MIPS Pada Helm BELL
Cari Berita

Advertisement

Mengenal MIPS Pada Helm BELL

Jundi Alfaruqi
Tuesday, 4 June 2019

Penasaran Tentang MIPS? Apa Itu MIPS? Apa Fungsinya? MIPS atau MULTI-DIRECTIONAL IMPACT PROTECTION SYSTEM adalah sebuah teknologi pada helm yang berfungsi untuk meredam/melindungi kepala dari benturan keras (Kecelakaan pada saat berkendara atau semacamnya) yang dapat menyebabkan cedera otak.

Teknologi MIPS pada Helm BELL

Teknologi MIPS sebenarnya pertama kali diterapkan untuk helm sepeda gunung dan sekarang mulai dikembangkan untuk helm off-road. MIPS sendiri sebenarnya merupakan sebuah sistem lapisan yang bisa bergerak (beberapa milimeter) dalam helm untuk memecah dan menyebarkan tekanan tumbukan kinetik saat benturan terjadi keseluruh bagian inner dan outer shell helm. Teknologi MIPS meniru sistem proteksi cangkang kepala manusia yang melindungi otak.

BACA: Mengenal Istilah PIM pada Helm (HJC Helmet)

Dalam kasus kecelakaan tertentu, kepala akan mengalami gerakan memutar dan berhenti seketika akibat dari dampak benturan, yang akan menyebabkan otak mengalami tekanan yang sangat tinggi. Peregangan jaringan yang disebabkan pergerakan demikian bisa menyebabkan cedera otak.

Teknologi MIPS akan mencegahnya dengan memungkinkan kepala bergeser sendiri dalam helm saat dalam kondisi kritis impact itu terjadi persekian milidetik. Pergeseran yang terjadi selama saat waktu kritis tersebut membantu mengurangi tekanan pada otak di dalam tengkorak, dan secara signifikan dapat mengurangi risiko cedera otak traumatis.
Ilustrasi Cara kerja MIPS

MIPS berbentuk seperti lapisan plastik tebal yang diletakkan di dalam helm antara EPS dan crown pad.

BACA: Helm Berpendingin AC dengan Berat 1,4 Kilogram, Simak Harganya

Bentuk MIPS

Teknologi MIPS ini baru diaplikasikan pada beberapa Helm Bell di kelas Powersport Saja seperti Qualifier DLX, MX-9 ADV & MX-9 Saja.

BACA: Daftar Harga SUOMY SR Sport Terbaru Lengkap Semua Series