Ads

,

Ads

Sejarah Helm SMK Sejak 1972 Hingga Sekarang

Jundi Alfaruqi
22 Agu 2023, 12:20 WIB Last Updated 2023-08-22T05:20:42Z
sejarah helm SMK

Belakangan ini ramai di medsos tentang helm merk SMK. Merk asal negara India ini baru-baru ini telah masuk secara resmi ke Indonesia dan diperkenalkan lewat ajang GIIAS 2023.


Tentunya tak sedikit orang yang penasaran tentang helm ini dan ingin mengetahui lebih banyak tentang helm SMK, Oleh karena itu, kami sudah merangkum sejarah helm SMK yang kami rangkum dari situs resmi SMK helmet sebagai berikut : 


1972

helm smk buatan India


Cerita dimulai pada tahun 1972 dari sebuah garasi kecil di India, dua saudara muda yang suka naik motor memulai petualangan mereka. 


Pada suatu hari, saat menghadiri acara perkumpulan pengendara motor, mereka menyadari bahwa banyak orang yang tidak menggunakan helm. Hal ini membuat mereka berpikir, "Mengapa tidak membuat helm sendiri untuk keselamatan semua orang?"


Dengan semangat dan antusiasme, mereka mulai merancang helm pertama mereka di garasi rumah keluarga. Prosesnya tidak mudah. 


Mereka bahkan harus mengeringkan cat helm di dalam oven yang sebenarnya adalah hadiah pernikahan yang baru saja mereka terima. 


Sedangkan lapisan dalam helm mereka bentuk dan jahit sendiri oleh anggota baru keluarga, yaitu sang pengantin baru yang kini juga menjadi salah satu pendukung ide ini.


Walaupun produksi helm ini awalnya lambat, permintaan dari orang-orang semakin meningkat. Semua orang menyadari pentingnya menggunakan helm saat berkendara. 


Seiring berjalannya waktu, usaha mereka tumbuh pesat dan akhirnya mereka menjadi produsen helm terbesar di dunia. Dari sebuah garasi kecil, kini helm-helm buatan mereka melindungi pengendara motor di seluruh dunia.


Kemudian pada tahun 1979, ketika pabrik tersebut sedang mengalami pertumbuhan yang pesat baik di dalam negeri maupun di luar negeri, terjadi sebuah kejadian yang menghambat. 


Pabrik tersebut hangus terbakar akibat korsleting listrik. Yang tersisa hanyalah tekad, keberanian, semangat, dan niat baik dari para karyawan, pemasok, dan pembeli.


Keluarga tersebut memulai kembali... dan kali ini dengan tekad yang bahkan lebih kuat.


Langkah pertumbuhan berikutnya dimulai pada tahun 1983 ketika penggunaan helm menjadi wajib di India dan merek kami menjadi nama yang akrab di setiap rumah tangga. 


Pada saat itu, helm bukan hanya menjadi alat pelindung, tetapi juga lambang keselamatan bagi setiap orang yang berkendara. 


1999


Akhirnya, tiba saatnya bagi generasi berikutnya dalam keluarga ini untuk ikut ambil bagian, dan mereka melakukannya dengan semangat serta kebanggaan.


Mereka membawa impian besar untuk mengangkat nama merek ini ke tingkat global. Fasilitas manufaktur baru pun dibangun dengan teknologi terkini, membuka peluang di pasar-pasar baru serta mengembangkan hubungan-hubungan baru. 


Tujuan-tujuan besar yang baru pun ditetapkan sebagai panduan perjalanan mereka. Semua langkah ini diambil dengan keyakinan bahwa mereka akan melanjutkan jejak kesuksesan yang telah dimulai sebelumnya, sambil mengangkat citra merek ini ke skala internasional yang lebih luas.


2015


Kemudian, diluncurkanlah lini helm premium yang baru - SMK Helmets, yang didasarkan pada prinsip-prinsip kualitas, keunggulan, dan inovasi yang telah menjadi ciri khas perusahaan ini. SMK Helmets bertujuan untuk merayakan keunikan para pengendara…. #smkisyou lahir!


Ini adalah langkah baru yang menggembirakan, di mana perusahaan ingin memberikan helm yang tidak hanya aman dan berkualitas tinggi, tetapi juga mencerminkan kepribadian dan gaya unik dari setiap pengendara. 


Dengan peluncuran lini helm premium ini, semangat baru dihidupkan dalam bentuk hashtag #smkisyou, yang mengajak para pengendara untuk mengekspresikan diri mereka sendiri dan merayakan semangat berkendara mereka.


2022


Semangat dan kerja keras dari keluarga dan karyawan perusahaan telah membantu mencapai kesuksesan ini, dan sekarang helm SMK sudah dijual di lebih dari 50 negara di seluruh dunia.


Dan yang perlu diingat, kita masih pada awal perjalanan ini...


Jadi seperti itulah kurang lebih sejarah helm SMK yang lahir pada tahun 1972 oleh dua bersaudara yang memulai semuanya disebuah garasi kecil mereka.


Saat ini helm SMK sudah masuk secara resmi ke Indonesia dan sudah bersertifikasi SNI. Dari segi desain, helm-helm SMK ini memiliki desain yang cukup menarik karena modelnya yang mengikuti zaman dan trend.