Ads

,

Ads

Rekomendasi Lem Terbaik dan Aman Untuk EPS Helm

Jundi Alfaruqi
19 Jul 2023, 13:45 WIB Last Updated 2023-07-19T07:21:37Z
Lem Terbaik dan Aman Untuk Gabus Helm


Pada helm terdapat komponen yakni gabus atau yang biasa disebut EPS. EPS terletak di bagian dalam tepatnya di antara batok dan kain busa. 


Pada helm, EPS berperan sebagai peredam benturan saat terjadi kecelakaan sehingga dapat mengurangi efek cedera pada kepala.


Kerusakan Pada EPS

Menurut pengalaman saya, ada dua jenis kerusakan yang umum terjadi pada EPS helm. Pertama, EPS pecah karena pemakaian yang sudah terlalu lama atau bisa juga karena bekas terjatuh akibat kecelakaan. Jika kalian mengalami hal seperti ini pada helm, maka solusinya memang harus beli helm baru.


Kedua, lem EPS yang menempel di helm lepas atau sengaja dilepas saat ingin membuka EPS. Akibatnya EPS menjadi goyang sehingga penggunaan helm menjadi tidak nyaman.


Solusi untuk permasalahan yang kedua ini adalah dengan cara merekatkan kembali EPS dengan perekat khusus.


Lem Untuk Gabus/EPS Helm yang Bagus dan Aman

Saat ingin merekatkan kembali gabus yang lepas tersebut, kita harus hati-hati dalam memilih jenis perekat karena tidak semua jenis perekat bisa digunakan untuk EPS helm.


Kita tidak boleh memakai jenis perekat yang memiliki sifat panas karena ini dapat membuat gabus helm meleleh dan rusak. Contoh perekat yang memiliki sifat panas ini seperti lem putih dan lem pipa.


1. Lem Double Tape Busa

Kebanyakan orang mungkin lebih familiar dengan jenis selotip dua sisi (double tape) kertas dibanding jenis double tape busa. Double tape busa dengan double tape kertas memang tidak jauh berbeda, dimana keduanya memiliki 2 sisi rekatan pada bagian atas dan bawah.


Namun, hal yang membedakan adalah pada double tape busa, ada tambahan foam atau busa tipis yang umumnya memiliki ukuran sekitar 1 - 2 mm dimana pada kedua sisi busa dilapisi dengan lem.


Saya pribadi lebih memilih perekat double tape busa untuk merekatkan gabus helm yang lepas. Selain aman untuk EPS, pengaplikasiannya juga sangat mudah terutama untuk bagian-bagian yang permukaannya tidak rata seperti pada helm.



Tutorial Cara Penggunaan


Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, untuk alat kita butuh kain lap dan untuk bahannya kita butuh lem double tape busa. Lem ini biasa dijual di toko buku dan harganya sekitar 5 - 10 ribuan dengan ukuran pilih yang tebal 1mm dan lebar 22mm

spesifikasi lem double tape busa yang aman untuk gabus eps helm

Untuk merk double tapenya bebas, kalau saya pakai merk nippon yang pembukusnya warna hijau seperti foto di atas. Teman-teman boleh pakai merk lain tidak harus merk nippon. Kalau mau yang seperti saya pakai, teman-teman bisa beli di Toko ini.


1. Lepas EPS dari helm


Langkah pertama, kita harus melepas EPS helm terlebih dahulu, untuk caranya tidak saya deskripsikan disini, kalian bisa cari tutorial di YouTube.


2. Bersihkan Permukaan EPS dan Bagian dalam Helm


Selanjutnya, gunakan kain lap yang sudah kita siapkan tadi untuk membersihkan permukaan EPS. Tujuannya agar perekat dapat menempl dengan baik. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam helm.


3. Memasang Perekat


tutorial cara lem gabus helm yang baik dan benar


Kemudian langkah selanjutnya adalah potong-potong double tape sepanjang 7-8 cm sebanyak 7 buah. Lalu rekatkan pada EPS. Untuk posisinya kalian bisa lihat contoh pada foto di atas.


Catatan : jika diperlukan, pasang double tape sebanyak dua lapis atau sesuai kebutuhan teman-teman.


Setelah semua perekat terpasang pada posisinya, buka semua lapisan hijau pada perekat kemudian lanjut ke langkah 4.


4. Pasang EPS


Jika sudah, langkah terakhir adalah memasang EPS kembali ke dalam helm kemudian tekan bagian dalam EPS agar lem yang sudah kita tempelkan tadi dapat merekat ke bagian dalam cangkang dalam helm.