Ads

,

Ads

Komparasi KYT TT Course VS KYT R2R, Ini 7 Perbedaannya

Jundi Alfaruqi
5 Jul 2023, 09:53 WIB Last Updated 2023-07-05T02:59:12Z
kyt tt course vs kyt r2r


Sebenarnya agak kurang pas membandingkan kedua helm ini karena secara level harganya saja sudah berbeda jauh. Untuk seri solidnya saja, KYT R2R harganya lebih mahal hampir 1 jutaan kurang sedikit dibanding KYT TT Course


Tapi yaudahlah ya, karena peminat TT Course disini lumayan tinggi dan masih sangat laris dipasaran, enggak ada salahnya juga kalau kita bahas perbedaan kedua helm besutan tarakusama ini sekedar untuk gambaran saja. 


1. Perbedaan Ukuran SHELL

Kedua helm ini sama-sama memiliki dua ukuran SHELL. Namun secara bentuk, SHELL pada KYT R2R lebih besar sedikit dari TT Course. 


Ya karena memang R2R memiliki fitur dua kaca atau double visor sehingga membutuhkan batok yang lebih besar juga untuk menyimpan inner sun visor di dalam helmnya. 


2. Bobot Helm

Karena SHELL R2R lebih besar, otomatis bobotnya juga lebih berat. 


Dari videonya Jagoan Helm yang sudah membahas komparasi kedua helm ini, KYT TT Course ukuran M memiliki bobot sekitar 1.360 gram sedangkan R2R memiliki bobot 1.550 gram.



3. Double Visor

Seperti yang sudah saya sebut di awal, KYT R2R memiliki fitur dua kaca atau double visor dimana pada TT Course hanya single visor. 


Fitur double visor memang punya peminat tersendiri, namun juga tak sedikit yang lebih suka atau lebih memilih helm dengan single visor karena alasan dan kebutuhan masing-masing user. 


4. Standar Keamanan

KYT R2R rilis resmi di Indonesia pada 21 Juni 2023 lalu dan sudah diperkenalkan di Amerika dan Thailand pada awal tahun 2023.



KYT R2R memiliki 3 sertifikasi yakni SNI, DOT dan ECE 22-06. Sementara untuk KYT TT Course yang rilis sudah sejak 2020 lalu, untuk sertifikasinya ada dua yakni SNI dan DOT.


5. Bentuk / Desain

Secara bentuk, sekilas keduanya terlihat sama. Namun pada seri R2R, desainnya lebih terlihat lancip atau tajam dengan lekuk-lekuk pada body helm yang tegas dan terkesan lebih galak ketimbang desain dari TT Course.


Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa desain dari R2R itu sendiri masih mengikuti jejak atau pola dari seri TT Course, terlihat dari bentuk ventilasi atas, dan bentuk keseluruhan dari bagian depan hingga belakang yang masih terasa aura TT Course nya.


6. Visor Lock

Kedua helm ini sudah sama-sama dibekali dengan visor lock, hanya saja pada TT Course masih semi visor lock sedangkan pada R2R sudah benar-benar 100% visor lock.


Untuk membuka visor di R2R, tombol pada visor lock harus betul-betul ditekan baru visornya bisa terbuka, sementara di TT Course hanya dengan menarik gagang sedikit lebih ekstra untuk membuka visornya.


7. Emergency Quick Release

KYT R2R sudah dibekali fitur Emergency Quick Release yang mana fitur ini belum ada di KYT TT Course.


Itulah beberapa poin penting perbedaan antara KYT TT Course dengan KYT R2R yang mungkin bisa menjadi sedikit gambaran buat kalian yang ingin mengetahui perbedaan kedua helm ini.