Ads

,

Ads

Review Helm ACH Sonic, Pilihan Menarik di Harga 200 ribuan

Jundi Alfaruqi
21 Apr 2023, 14:58 WIB Last Updated 2023-05-13T04:15:29Z
helm ach sonic putih solid


ACH merupakan brand asal Indonesia yang banyak mengeluarkan varian helm standar SNI dengan harga murah, salah satunya yang terbaru adalah seri Half Face Sonic ini. 


Review helm ACH Sonic ini adalah murni pendapat saya pribadi yang sudah memegang langsung helmnya. Jadi jikalau ada penilaian yang kurang pas, mohon dikoreksi.


Bentuk dan Desain Helm


Helm ini memiliki desain sporty yang populer dan banyak digemari saat ini. Mungkin anda tidak akan merasa asing melihat desainnya. 


foto-foto helm ach sonic

Yap, ACH Sonic ini memiliki desain menyerupai helm KYT NF-J atau mungkin NJS Kairoz. Tapi sepertinya lebih mirip ke NJS Kairoz ya jika dilihat dari bentuk ventilasi atasnya. 


Material dan Kualitas Cangkang Utama


Batok helm ini menggunakan material ABS yang secara keseluruhan jika dilihat dari finishingnya cukup rapih.


tampak belakang helm


Saya mencoba menekuk bagian pipinya dan menurut saya kualitas cangkang helm ini cukup tebal dan tidak ringkih.


Kualitas cat juga cukup rapih dan halus untuk dikelas harga helm 200 ribuan. Meski dibeberapa sudat helm masih ada ditemui cat yang kurang halus, namun tidak terlalu kelihatan dan masih bisa dimaklumi.


Gabus (EPS)


Bagian gabus atau EPS nya memiliki ukuran yang cukup tebal, namun saat ditekan dengan jari, tekstur EPS cenderung lebih lunak.


lapisan eps


Sebagai perbandingan saja, saya mencoba membandingkan dengan helm GM Evolution, ternyata memang EPS helm ACH Sonic ini memiliki tekstur yang lebih lunak.


Untuk kekuatan dudukan EPS, menurut saya ini kuat, merekat dengan baik, tidak goyang, dan presisi disemua sudutnya.


Terdapat lubang pada EPS yang menurut saya ini adalah untuk aliran udara. Bentuk dan ukuran lubangnya sih tidak ada yang aneh, tapi setelah diperhatikan lebih dekat lubang-lubang tersebut ternyata tidak tembus atau bolong. Jadi fungsi lubangnya dibikin buat apa ya?


Spesifikasi dan Fitur Busa Dalam (Inner Liner)


Busanya terdiri dari 2 bagian yakni busa pipi dan kain atas. Keduanya sama-sama bisa dilepas pasang. 


inner liner


Untuk busa pipi kualitas cukup tebal, kekurangannya memang sedikit agak keras (kurang empuk) tapi saat dipakai rasanya cukup nyaman-nyaman aja, tidak ada bagian yang bikin kepala terasa aneh atau bikin sakit. Dan juga bobotnya yang ringan, hanya 1.250 gram saja, sangat membantu membuat helm ini terasa nyaman saat dipakai.


busa pipi


Sedikit informasi tambahan, sebaiknya jika ingin melepas busa jangan pakai tenaga terlalu kuat, karena kancing busa pada helm ACH Sonic ini bahannya agak tipis. 


kain busa atas


Oia, untuk jahitan kainnya rapih dan cukup kuat kelihatannya. Selain untuk dari segi kebersihannya juga terbilang bersih dari sisa-sisa kelebihan benang jahit.


Kaca Helm


Helm ini dibekali visor bawaannya berwarna hitam dengan tingkat kegelapannya sekitar 40% dan sudah flat.


tingkat kegelapan visor asli helm ach sonic


Fitur yang terdapat pada visornya seperti quick visor release, visor stopper dan multi step visor mechanism.


fitur visor


Kekurangan pada visor, bahannya tipis dan kualitas visornya kurang bagus seperti mudah baret, meski tekstur visornya sendiri tergolong lentur.


Tali Helm dan Sertifikasi Keamanan


Helm ini sudah dibekali sertifikasi keamanan SNI (Standar Nasional Indonesia).


embos SNI pada helm


Untuk tali helmnya, ia menggunakan model microlock. Bahan Microlocknya memiliki kualitas yang cukup bagus (solid) baik pada penguncinya maupun ketebalan talinya.


bentuk tali helm ACH Sonic


Kelebihan dan Kekurangan ACH SONIC


Beberapa kelebihan yang dimiliki ACH Sonic ialah, nyaman, bobot helm ringan, sudah SNI, desain sporty dan modern, dibekali fitur-fitur seperti quick visor release, Removable Inner Liner, dll.


Untuk kekurangannya, finishing di beberapa sudut helm kurang rapih seperti pada finishing lubang exhaust kiri dan kanan yang ada di bawah spoiler.


Kemudian untuk pilihan size tidak tersedia karena helm ini cuma tersedia satu ukuran saja.


Ya walaupun masih banyak kekurangannya tapi mesti diingat ya kalau helm ini harganya cuma 200 ribuan saja. 


Dengan semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ACH Sonic ini, helm half face asal Indonesia ini di banderol dengan harga mulai dari 230 ribu hingga 280 ribu rupiah saja.


Jadi gimana? Tertarik dengan helm yang satu ini? Kalau ia, saya sudah cantumkan LINK Pembelian produknya di bawah ini



Video : Pilihan Menarik Helm 200 Ribuan - Review ACH SONIC