,

G20 Acara Apa? Begini Penjelasan Singkatnya

Jundi Alfaruqi
16 Nov 2022, 08:44 WIB Last Updated 2022-11-16T01:44:41Z
logo-G20-dan-artinya


G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20  merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. 


Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.


Dibentuk pada 1999 atas inisiasi anggota G7, G20 merangkul negara maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis, utamanya yang melanda Asia, Rusia, dan Amerika Latin. Adapun tujuan G20 adalah mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.


G20 pada awalnya merupakan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Namun sejak 2008, G20 menghadirkan Kepala Negara dalam KTT dan pada 2010 dibentuk pula pembahasan di sektor pembangunan. 


Sejak saat itu G20 terdiri atas Jalur Keuangan (Finance Track) dan Jalur Sherpa (Sherpa Track). Sherpa diambil dari istilah untuk pemandu di Nepal, menggambarkan bagaimana para Sherpa G20 membuka jalan menuju KTT (Summit).


Jenis pertemuan G20 adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)/Summit, Ministerial & Deputies Meetings/Pertemuan Tingkat Menteri dan Deputi, Kelompok Kerja/Working Groups.


Peran Nyata G20 adalah Penanganan Krisis Keuangan Global 2008, Kebijakan Pajak, Kontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19 dan Isu lainnya.


"Recover Together, Recover Stronger" menjadi tema Presidensi G20 Indonesia 2022. Melalui tema tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.


Logo G20 Indonesia 2022 menggambarkan peranan aktif kita dalam upaya memajukan kehidupan perekonomian, terutama di saat menyambut babak yang baru.


Dengan segala pengharapan atas keseimbangan serta tekad bulat untuk terus hidup, tumbuh, dan senantiasa menjadi lebih baik di setiap babaknya.


Secara bentuk, logo G20 Indonesia 2022 juga terlihat seperti pohon. Sama seperti pohon yang terus tumbuh dan berguna bagi lingkungan sekitarnya, logo ini juga menjadi ilustrasi pengharapan atas tumbuhnya perekonomian global, yang akan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.