,

Tips Memilih Motor 4 Tak atau 2 Tak, Baru atau Bekas

Jundi Alfaruqi
4 Okt 2022, 12:16 WIB Last Updated 2022-10-05T05:37:54Z

Setiap pemilik sepeda motor tentu menginginkan sepeda motornya dalam kondisi yang memuaskan dan dapat digunakan setiap saat untuk membawa kemana tujuan yang diinginkannya.


Oleh karena itu, sepeda motor perlu perawatan dengan baik serta dipelihara agar pemilik nyaman dalam menggunakan.


Tanpa pemeliharaan dan perawatan yang baik, maka sepeda motor tidak akan bekerja secara maksimal. Sehingga akan mengecewakan dan banyak menguras isi kantong untuk perbaikan setiap saat.


padahal letak kesalahan yang sesungguhnya berada pada sisi pemilik yang enggan memelihara serta merawat sepeda motornya.


Berkenaan dengan hal-hal itu, berikut ini adalah beberapa permasalahan yang terkait sepeda motor beserta teknik aman dalam berkendara, perawatan, serta pemeliharaan.


sepada motor


Memilih Sepeda Motor


Jika Anda hendak membeli sepeda motor, Anda harus mengetahui macam-macam sepeda motor tersebut terlebih dahulu, sebelum akhirnya menentukan atau memutuskan pilihan yang tepat yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak menyesal pada pilihan yang telah ditentukan.


1. Pilihan yang pertama


Anda jangan segan-segan untuk selalu bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman perihal merk sepeda motor yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.


Tanyakan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing merk sepeda motor yang banyak beredar dipasaran untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan.


2. Pilihan yang kedua


Pilihan selanjutnya adalah soal pemilihan mesin dari merk kendaraan. Setiap kendaraan tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Misalnya kendaraan sepeda motor mesin 4 tak, dilihat dari segi positifnya, pemakaian bahan bakar yang irit tanpa memerlukan penggunaan oli samping.


Mesin dapat dipakai sebagai pembantu rem, sehingga dapat mengurangi terjadinya tingkat bahaya, serta harganya yang relatif stabil manakala akan dijual kembali.


Sedangkan sisi negatifnya dari pilihan ini misalnya keadaan accu yang harus selalu baik kondisinya, kecuali accu dengan tipe CG dan GL, pemeliharaan nya lebih sulit dibandingkan dengan motor 2 tak.


Apabila Anda membuat keputusan untuk memiliki mesin yang 2 tak, jika dilihat dari segi positifnya misalnya perawatannya lebih mudah di bandingkan motor 4 tak, pengendaranya terasa lebih nyaman, kendaraan dapat meluncur terus walaupun gas telah dikecilkan, serta mesin dapat dihidupkan tanpa menggunakan accu.


Sedangkan segi negatifnya misalnya pemakaian bensin relatif boros ditambah dengan adanya oli samping, lampu penerangan pada motor 2 tak kurang maksimal karena listrik digerakkan oleh magnet yang bekerja berdasarkan putaran mesin, dan lain sebagainya.


3. Pilihan yang ketiga


Pemilihan yang ketiga sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sepeda motor adalah, penyesuaian fungsi sepeda motor dengan kebutuhan si pemilik itu sendiri. Hal ini tentu erat kaitannya dengan besar kecilnya ukuran CC mesin kendaraan tersebut.


Jika Anda sering bepergian ke luar kota dengan bersepeda motor, maka memilih kendaraan dengan ukuran 125 cc sampai dengan 200 cc, merupakan bentuk pilihan yang paling tepat.


Jika anda sering bepergian di dalam kota dan hanya sesekali saja ke luar kota, maka sepeda motor dengan kelas 100 cc merupakan pilihan yang sesuai.


4. Pilihan yang keempat


Setelah Anda memutuskan untuk membeli satu merk tertentu, maka pilihan berikutnya bagi anda adalah, membeli sepeda motor yang masih baru atau setengah pakai.


Jika anda memilih untuk membeli sepeda motor bekas, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui:


  1. Mengajak seseorang yang lebih berpengalaman tentang masalah sepeda motor, baik masalah mesin ataupun kondisi sepeda motor secara keseluruhan.
  2. Teliti dan cermat masalah kelengkapan surat-surat sepeda motor yang akan Anda beli.
  3. Mengetahui harha standar atau harga pasaran jenis sepeda motor yang akan anda beli, baik jenis, kondisi maupun tahun pembuatan.