,

4 Perbedaan Helm Polos dan Motif, Ini Alasannya Helm Polos Lebih Laris

Jundi Alfaruqi
9 Okt 2022, 17:21 WIB Last Updated 2022-10-09T10:27:17Z
helm polos dan motif


Berdasarkan warnanya helm dibedakan menjadi dua tipe yakni polos atau solid dan motif.


Polos merupakan jenis warna yang terdiri dari satu warna saja, misalkan warna merah, maka keseluruhannya juga merah.


Sedangkan motif terdiri dari banyak warna atau lebih dari satu warna dan memiliki corak atau gambar tertentu.


Dari dua tipe helm berdasarkan warnanya, kira-kira ada enggak sih perbedaan lainnya? selain dari segi warna? simak selengkapnya,


1. Helm Motif Lebih Berat dari Helm Polos



Helm dengan motif lebih berat dibanding helm polos itu adalah fakta yang benar adanya meski perbedaan nya tidak signifikan.


Baca juga : Fungsi dan Manfaat Memakai Breath Shutter Helm


Seperti yang dijelaskan produsen helm KYT kepada gridoto.com


“Dengan tipe yang sama, helm dengan motif grafis lebih berat sekitar 10 hingga 20 gram dari helm warna polos,” jawab Tugimin, Research and Development PT Tarakusuma Indah, produsen helm KYT, INK, MDS, Hiu dan BMC." sumber : gridoto.com


Perbedaan tersebut disebabkan karena helm motif punya tambahan corak grafis serta material cat yang digunakan.


“Perbedaan bobot helm ini juga bisa karena cat dan pernis yang dipakai, kalau produk kami menggunakan cat water based,” ungkapnya.


2. Helm Polos Lebih Murah


harga helm kyt galaxy polos dan motif beda


Baca juga : Daftar Semua Helm Terbaru yang Rilis di Tahun 2022


Dari segi harga kedua tipe warna helm ini juga berbeda. Dengan seri yang sama, harga helm motif lebih mahal dari yang warna polos atau solid.


Apalagi kalau motifnya merupakan motif spesial edition, dan limited edition, harga bisa berbeda cukup jauh.


Hal ini tentu sangat wajar, membuat helm dengan cat bermotif tidak semudah membuat helm polos.


Selain itu untuk motif-motif yang mengambil dari tempat lain, misalnya dari tokoh kartun atau komik tertentu, maka brand helm tersebut harus membayar fee (royalti) ke deseignernya sebagai pemilik hak cipta. Jika tidak, pemilik brand helm tersebut bisa dituntut karena pelanggaran hak cipta.


Dan juga motif-motif lainnya yang bekerjasama sama dengan orang-orang tertentu seperti pembalap-pembalap ternama, dan tokoh-tokoh terkemuka lainnya yang bayaran royalti nya bisa sangat mahal. 


3. Helm Motif Cocok Buat Koleksi


Helm bermotif jarang sekali dibuat ulang, kalaupun ada, bentuknya pasti berbeda dari sebelumnya. Terutama pada motif limited edition atau edisi terbatas.


Oleh sebab itu, helm dengan motif limited edition sangat cocok dijadikan koleksi karena motifnya yang sangat jarang dan banyak jadi incaran para kolektor.


4. Helm Polos Lebih banyak Peminat


Meski helm motif limited edition banyak diburu untuk dikoleksi, namun untuk motif grafis biasa ternyata peminatnya justru berbanding terbalik, tidak sebanyak peminat helm dengan warna-warna polos.


Baca juga : Cantik dan Menggoda, Pilihan Warna Baru Helm NHK S1 GP Pro Chameleon Series Curi Perhatian


Selain karena harganya yang lebih murah, alasan orang lebih memilih helm polos adalah karena tampilannya lebih elegan, lebih simple, lebih clean dan tidak sulit untuk mencocokkan warna motor dengan warna helmnya.


Banyak diantara pembeli, yang membeli helm polos dengan warna yang sesuai dengan motor mereka dengan alasan agar motor dan helmnya terlihat serasi.