,

Macam-macam Spoiler Helm Berdasarkan Model, Cara Pasang, Warna dan Meterialnya

Jundi Alfaruqi
20 Agu 2022, 23:17 WIB Last Updated 2022-08-22T03:45:49Z
macam-maca spoiler helm
Salah satu jenis spoiler tipe biasa (flat) original merk NJS
( Foto : revridinggear )


Kotakhelm.com - Spoiler yang biasa digunakan di belakang helm saat ini sudah banyak beredar dipasaran dalam berbagai macam jenis, mulai dari bentuknya, kemudian cara pasangannya sampai warnanya pun juga beragam. 


Apa sih bedanya dari semua spoiler yang dijual di pasaran tersebut? yuk kenali berbagai macam dan jenis spoiler untuk helm sebelum anda membelinya.


Macam-macam Spoiler dari segi Cara Pasangnya


Berdasarkan metode atau cara pasangnya, spoiler helm terbagi menjadi 4 yakni spoiler tempel, spoiler baut, spoiler plug and play dan Built-In spoiler. 


1. Spoiler Tempel

jenis spoiler tempel orginal untuk helm njs

Yang dimaksud spoiler tempel adalah spoiler yang cara pemasangannya dengan cara ditempel atau direkatkan ke helm menggunakan lem double tape yakni, sejenis lakban yang memiliki perekat dua sisi yaitu atas dan bawah. 


Jenis Double Tape Untuk Spoiler Tempel dan Perbedaannya


jenis lem double tape untuk spoiler helm


Untuk jenis double tape sendiri ada 3 tipe yakni double tape foam, double tape rubber, dan double tape kertas. Ketiga jenis double tape ini memiliki kegunaannya masing-masing. 


Dari ketiga double tape tersebut yang biasa digunakan untuk perekat spoiler tempel adalah tipe double tape foam dan double tape rubber, karena kedua perekat ini memiliki kekuatan rekat yang kuat. Bahkan untuk tipe double tape foam memiliki daya tahan lebih lama dan bisa merekatkan beban dengan berat hingga 1kg.


Namun banyak juga yang menggunakan jenis double tape rubber karena terbuat dari Polyethylene dan juga rubber tape memiliki ketebalan yang lebih tipis yakni 0,15mm dibanding foam tape yang tebalnya 1mm. 


Foam tape dan rubber tape memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Perbedaannya hanya di ketahanan rekatan foam tape yang jauh lebih baik daripada rubber. Tapi untuk soal harga tipe rubber tape memang lebih murah. 


Double tape ini bisa didapat dengan mudah di toko buku dan alat tulis. 


Jadi untuk tipe perekat, anda bisa menyesuaikan model spoiler dengan bentuk helm. Jika rasanya terlalu tebal dan terlihat kurang pas menggunakan model foam, boleh pilih model rubber saja. 


Tips Sebelum Memasang Spoiler Helm Jenis Tempel untuk Pemula


  1. Pastikan permukaan yang akan ditempeli double tape bersih dari kotoran dan debu agar perekat double tape menempel sempurna serta tahan dan tidak mudah lepas. 
  2. Untuk spoiler dengan warna bening, disarankan memilih double tape yang warnanya putih agar pemasangannya terlihat bagus serta bersih dan rapih. 
  3. Gunakan double tape pada spoiler seperlunya, jangan gunakan double tape terlalu banyak, karena jika nanti seandainya spoiler ingin dilepas tidak menyulitkan.
  4. Jangan gunakan lem yang bisa merusak helm untuk memasang spoiler, contohnya seperti lem putih (lem china), sangat tidak disarankan. 
  5. Ada banyak merk double tape foam, pilihlah merk yang aman dan bagus, saya menyarankan merk 3M.


Kelebihan Spoiler Tempel


  • Mudah dipasang
  • Tidak membutuhkan alat tambahan
  • Aman dan tidak merusak body helm
  • Kalau bosan, bisa dilepas dengan mudah
  • Harga lebih murah


Kekurangan Spoiler Tempel


  • Perekat double tape harus diperiksa karena pada pemakaian yang sudah memakan waktu lama, kekuatan rekat lakban ini akan berkurang, apalagi kalau sering terkena hujan, panas dan debu, spoiler bisa lepas saat sedang di jalan.
  • Helm harus dijaga, tidak bisa letak sembarangan, helm terjatuh atau tersenggol bisa menyebabkan spoiler tempel mudah lepas. 


2. Spoiler Baut


model spoiler helm pakai baut


Spoiler baut adalah spoiler yang dipasang ke helm dengan cara dibaut dengan mur khusus. Kalau seandainya di helm itu tidak ada lubang untuk bautnya, maka helm tersebut harus dibuatkan lubang bautnya dengan cara dibor atau di solder.


Pengguna spoiler baut ini menurut saya cukup ekstrim karena memodifikasi helm yang artinya juga merubah standar dari helm tersebut. Meski tidak signifikan tapi banyak ahli yang tidak menyarankan.


Kelebihan spoiler Baut


  • Tahan untuk pemakaian yang lama
  • Kuat dan tidak mudah lepas dibanding spoiler tempel


Kekurangan Spoiler Baut


  • Pemasangan tidak mudah, butuh kerja ekstra dan alat bantu seperti bor, solder, obeng, dll
  • Helm harus dilubangi untuk pemasangan bautnya
  • Mengubah struktur helm / mengubah standar helm 
  • Lubang sebagai tempat baut di helm harus diukur terlebih dahulu agar pas
  • Tidak mudah dilepas seperti spoiler tempel


3. Built-In Spoiler


model spoiler bulit in helm suomy tx pro
Model spoiler bawaan (built-in) di helm Suomy TX PRO


Spoiler built in atau spoiler bawaan adalah spoiler yang sudah terpasang dihelm sejak dari pabrik. Contohnya helm KYT TT Course, NHK GP R Tech, AGV Pista GP RR, dll. 


Kelebihan spoiler bawaan tentunya lebih bagus secara kualitas dan aman karena dibuat langsung oleh pabrik helm tersebut yang sudah didesain dan disesuaikan peruntukkannya sedemikian rupa untuk helm tersebut. 


Sementara kekurangannya, kalau spoiler bawaan ini mengalami kerusakan, mencari penggantinya tidak mudah karena jarang atau bahkan tidak ada dijual dipasaran. 


Selain itu pemasangannya permanen bukan dirancang bisa dilepas pasang seperti spoiler tempel dan spoiler baut.


4. Spoiler Plug n Play

model spoiler plug n play untuk helm kyt tt course

Spoiler plug n play (pnp) merupakan jenis spoiler yang bisa dipasang tanpa perekat double tape dan tanpa baut. Sesuai dengan namanya, spoiler plug n play ini cara pasangannya sangat praktis karena tinggal pakai. 


Agar bisa melekat dihelm, pada spoiler plug n play ini sudah disediakan pengait yang telah dirancang sesuai helm tersebut.


Biasanya spoiler plug n play ini original buatan pabrik dari merk helm tersebut, jadi desain spoilernya sudah disesuaikan dengan helm.


Tapi tidak semua original ya, ada juga spoiler aftermarket yang yang dirancang plug n play untuk helm tertentu. 


Kelebihan spoiler plug n play tentunya lebih mudah dipasang, tidak butuh alat bantu, tidak butuh modifikasi helm dan tentunya lebih mudah dilepas. 


Macam-macam Model dan Desain Spoiler Helm


Dari segi bentuk ada 2 model spoiler yang sering kita jumpai yakni spoiler biasa dan spoiler 3D.


Perbedaan Spoiler 3D dengan Spoiler Biasa


perbedaan model spoiler helm 3D dengan biasa


Secara fungsi spoiler 3D dan biasa memiliki fungsi yang sama. Secara bentuk juga demikian, sama-sama berbentuk seperti sayap pesawat.


Perbedaannya hanya pada bentuk spoiler 3D yang terlihat lebih cakep. Sesuai dengan namanya, bentuk spoiler yang satu ini memiliki desain 3 dimensi.


Sedangkan spoiler biasa, bentuk nya terlihat biasa atau flat dan desainnya terlihat seperti selembar penggaris. 


Macam-macam Bahan Pembuatan Spoiler Helm


Harga spoiler helm bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu hingga jutaan. Harga spoiler tergantung bahan dan merk.


Secara umum ada dua jenis material pembuatan yaitu acrylic dan polycarbonate. Keduanya sama-sama berbentuk plastik bening. 


Untuk perbandingannya secara tekstur, acrylic lebih kaku, lebih berkilau dan harganya lebih murah, sedangkan polycarbonate lebih lentur tapi harganya lebih mahal.


Soal kekuatannya, spoiler dengan bahan polycarbonate lebih kuat dibanding spoiler yang memakai bahan acrylic.


Melansir 99.co, acrylic memiliki ketahanan terhadap benturan sebesar 10 kali lebih kuat dari kaca. Sementara itu, kekuatan polycarbonate adalah 250 kali lebih kuat dari kaca.


Tidak hanya itu, material polycarbonate juga memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan material acrylic.


Macam-macam Warna Spoiler Helm


maca-macam warna spoiler helm


Spoiler helm yang sering kita jumpai umumnya berwarna putih bening, smoke, dan solid. Namun, selain tiga warna ini, ada juga warna Iridium.


Ada beberapa tips singkat yang sangat berguna sebelum anda membeli spoiler untuk helm


Pertama, pastikan spoiler yang ada beli sesuai dengan tipe helm yang anda gunakan. Kedua, ketahui jenis-jenis spoiler helm, cara pasang, model, dan Harganya. 


Terakhir, gunakan sparepart spoiler untuk helm yang aman dan sebaiknya original.