,

Cara Cek Standar FIM Helm Asli atau Palsu (Homologasi FIM)

Jundi Alfaruqi
29 Agu 2022, 14:10 WIB Last Updated 2022-08-29T07:23:54Z
qr code homologasi fim pada tali dagu helm


Helm dengan homologasi FIM adalah helm yang telah berhasil lulus uji homologasi FRHP (FIM Racing Homologation Programme). Walaupun memiliki standar khusus namun jika dilihat sekilas, helm dengan standar balap ini terlihat sama seperti helm lainnya.


Penerapan sertifikasi FIM itu sendiri dimulai sejak tahun 2019, sehingga sejak saat itu seluruh helm yang boleh dipakai diajang balap motor tingkat dunia seperti MotoGP, WSBK dkk harus lolos pengujian FIM terlebih dahulu.


Sama seperti standar helm SNI, DOT, ECE yang memiliki penanda khusus pada helm yang memenuhi standar tersebut, pada homologasi FIM juga demikian.


Mungkin banyak orang yang belum tau tentang standar FIM atau bentuk homologasi FIM itu seperti apa? dan bagaimana mengecek asli atau palsu sertifikasi FIM pada helm tersebut? Dirangkum dari frhp.org, Homologasi FIM dapat diperiksa dengan tiga cara yaitu:


  1. Model helm yang sudah memiliki sertifikasi FIM asli bisa dilihat daftarnya disitus frhp.org. Keterengan helm lengkap dengan ukuran helm tersebut.
  2. Helm tersebut memiliki label Homologasi FIM (dengan QR-Code dan hologram) yang dijahit di tali dagu dengan ukuran yang tercetak di atasnya.
  3. Saat QR-Code dipindai, Anda akan diarahkan ke halaman web yang berisi semua informasi mengenai model, ukuran, dan aksesori helm tersebut.


Perlu diketahui bahwa Homologasi FIM hanya berlaku untuk ukuran helm dan aksesorisnya yang terdaftar pada situs frhp.org. 


Dengan metode atau cara pemeriksaan sertifikasi seperti yang dilakukan FIM ini, dapat mencegah terjadinya pemalsuan sertifikasi helm. Saya pribadi sangat setuju jika helm standar SNI juga menggunakan metode pengecekkan sertifikasi seperti FIM sehingga pengecekkan helm SNI lebih mudah dan bisa menghindari dari pemalsuan.


Syarat dan ketentuan program homologasi FIM terbaru bisa anda cek disini.