,

Ads

Review Kaca Helm Silver Saat Malam (KYT 2 Vision)

Jundi Alfaruqi
20 Mei 2022, 22:54 WIB Last Updated 2022-05-20T15:59:56Z

Tampilan Kaca Silver di Helm KYT 2 Vision
(Kotakhelm.com / M Jundi Al faruqi)

Kotakhelm.com - Banyak pertanyaan soal apakah bisa kaca silver dipakai siang dan malam? Adakah kaca silver yang bisa dipakai siang dan malam?


Kalau siang udah jelas bisa lah ya, tapi kalau malam gimana? bisa juga? 


Jika pertanyaan bisa atau tidak kaca helm silver dipakai malam hari, maka jawabannya tentu saja bisa.


Tapi apakah aman digunakan dan tidak membahayakan keselamatan? Sepertinya harus dipikir-pikir dulu nih. 


Kaca silver merupakan salah satu jenis warna kaca helm Iridium. Kaca Iridium merupakan kaca yang permukaan luarnya dilapisi oleh lapisan khusus yang disebut Iridium.


Efek dari Iridium Silver yang punya tingkat kegelapan 100% ini akan membuat orang dari luar tidak bisa melihat apa yang ada dibalik kaca, seperti cermin jika dilihat dari depan / luarnya. 


Selain itu apabila ada cahaya yang mengenai kaca Iridium seperti cahaya matahari misalnya, 


cahaya tersebut akan dipantulkan kembali sehingga efek sinar matahari yang menyilaukan dan panas akan terhalang, tidak masuk ke dalam helm. 


Untuk efek dari sisi dalam helmnya sendiri ketika dipakai, pastinya tetap bisa melihat dengan sangat jelas hanya saja pandangan keluar terasa redup atau gelap seperti sedang mendung padahal tidak.


Nah, sayangnya efek redup dari dalam ini lah yang membahayakan penglihatan jika dipakai pada malam hari.


Karena menyebabkan penglihatan kita akan terganggu sehingga konsentrasi saat berkendara akan menurun.


Tentu saja hal ini bisa bisa membahayakan keselamatan kita sebagai pengendara terutama pengemudi.


Kebetulan saya sendiri pengguna kaca silver untuk sehari-hari.


Alasan saya memilih pakai kaca ini adalah karena lebih nyaman. Tidak silau dan juga tentunya tidak panas kalau keluar waktu tengah hari.


Sayangnya saat keluar malam, kaca helm terpaksa harus dibuka karena gelap.


Yang saya takutkan adalah jika ada kendaraan lain yang posisi lampunya mati, rusak, 


lalu kendaraan tersebut ingin berbelok atau berhenti padahal tidak mendadak sebenarnya, cuman gara-gara kaca helm gelap lalu kita sadarnya terlambat sehingga membuat kita tidak bisa menghindar atau melakukan pengereman tepat waktu, hingga akhirnya kecelakaan pun terjadi,


pandangan yang terbatas akibat penggunaan kaca yang gelap, akan beresiko membuat kita terlibat dalam kecelakaan yang tidak kita inginkan.


Kesimpulan saya sangat sederhana, resiko menggunakan kaca silver di malam hari sangatlah berbahaya terutama bagi pengemudi.


Termasuk juga ketika malam yang gelap gulita ditambah hujan deras, lubang yang tidak terlihat oleh kita, dan segala macamnya. 


Kaca jenis Iridium ini memang lebih cocoknya buat siang hari, 


Namun jika ingin tetap atau terpaksa menggunakan kaca silver di malam hari, sebaiknya posisi kaca dibuka saja dan berhati-hatilah dengan kendaraan yang tidak ada lampu atau penerangannya kurang bagus (lampu kendaraan).


Jadi begitulah review saya selama saya memakai kaca helm silver di siang dan malam hari, semoga bisa menjawab pertanyaan dan rasa penasaran tentang kaca helm silver.