Helm supermoto 400 ribuan terbaik? KYT Enduro vs MDS Super Pro -->
Cari Berita

Helm supermoto 400 ribuan terbaik? KYT Enduro vs MDS Super Pro

Reece Townsend
Rabu, 06 Mei 2020

KYT Enduro dan MDS Super Pro, dua helm yang harganya mirip banget dengan kualitas yang kayaknya mirip banget juga. Buat yang belum tau dua merk ini adalah sama-sama produk Tarakusuma Indah. Dan buat yang belum tau juga, Tarakusuma adalah perusahan helm besar asal indonesia yang udah nyiptain helm INK, Hiu, KYT, MDS, dan BMC.


Harga keduanya juga beda tipis, buat varian warna polos, KYT Enduro dijual 480 ribu, MDS Super Pro 450 ribu. Jadi bisa dibilang MDS Super Pro lebih murah 30 ribu dari KYT Enduro.




Nah sekarang pertanyaan utamanya adalah :

Mendingan pilih KYT enduro atau MDS super pro ya? 


Kalau dilihat dari disainnya kemana-mana kayaknya lebih ganteng MDS Super Pro ya, lebih sporty gitu. Bagian dagunya (chin guard) sedikit lebih panjang ke depan, lebih mirip kayak helm cross kalau saya bilang. Tapi jangan salah ya, tampilan ganteng yang anda lihat itu membawa bobot 1,6 kg. Atau kalau untuk pemakaian berlama-lama efeknya bakal terasa pegal banget di leher.

Oia body KYT Enduro ini kebuat dari themoplastic ABS. Tampilannya yang terlihat kalem ini memiliki bobot yang cukup ringan 1,4 kg. Atau lebih ringan 200 gram dari MDS Super Pro.

Jadi pilih aja tampilan mana yang lebih anda suka, mau MDS super pro yang kelihatannya sporty atau KYT Enduro yang lebih kalem. Fokus kebagian sampingnya aja sih kalau mau lihat disainnya. Soalnya kalau kita ngelihat sisi lain, enggak banyak yang bisa dibahas.

Inner sun visor keduanya sama-sama punya, beda posisi button qucik visor change-nya aja. Satu di atas, satu di bawah. MDS di atas, kalau diraba posisinya pas atau sejajar dengan telinga, kalau KYT posisinya lebih ke bawah dekat leher.


Keduanya sama-sama pakai visor biasa (non flat) terbuat dari polycarbanate. Soal visor rusak keduanya sama-sama ada jual gantinya. Visor belum support antifog dan tear off. Enggak tau juga kedepannya apakah mungkin tarakusuma ada rencana mau bikin anti fog khusus buat helm ini? soalnya ini helm banyak yang pake buat touring jadi kalau enggak pake anti fog pasti bakal ngembun, yang pastinya bikin enggak nyaman karena ganggu penglihatan.

Satu-satunya keunggulan mutlak fitur KYT enduro adalah sistem visornya udah pake quick release sedangkan MDS masih pakai baut. Oya ada satu hal yang menarik pada bagian peak atau topi pelindung, di KYT peak-nya terpisah dengan visor, kalau MDS menyatu dengan visor. Jadi kalau mau lepas visor di MDS harus lepas peak-nya dulu.

Bisa dibilang sedikit repot sih tapi enggak repot-repot banget juga soalnya ngelepas bautnya simple banget bisa langsung pakai tangan enggak perlu obeng, tang, atau alat macam-macam. Tapi enggak tau deh kalau pas lagi lepas kaca dan pas mau masangnya lagi tiba-tiba bautnya hilang atau lupa naroknya di mana, repot juga sih nyari benda kecil kayak gitu.


Spek ventilasinya juga mirip, keduanya sama-sama punya ventilasi mouth vent (chin vent), sama-sama punya ventilasi top vent, dan juga sama-sama punya ventilasi rear vent.

Untuk keamanannya juga sama, sama-sama udah menggunakan double d ring yang berstandar SNI dan DOT. Spek dalamnya juga sama, sama-sama bisa dilepas cheek pad dan inner paddingnya. Terus juga sama-sama udah pake chin curtain.

Dari tadi perbedaannya tipis-tipis ya mulai dari fitur sampai ke dalamnya. Tapi kalau mulai ngomongin performa kenyamanan keduanya mulai berjarak, keduanya memang kebuat dari material yang serupa sih tapi bobot KYT lebih ringan yaitu 1.400 gram dan MDS 1.600 gram. Selain itu dari segi mekanisme visor, kepraktisan KYT menang banyak, lebih simple kalau menurut saya.

Jadi kesimpulannya lebih mending mana? KYT Enduro atau MDS Super Pro? Buat saya KYT Enduro sih. 

Banyak banget bagian-bagian yang seimbang dikedua helm ini, mulai dari disainnya yang tergantung banget sama selera masing-masing, terus juga soal fitur strap double d ring-nya. Harganya juga mirip-mirip, KYT Enduro sedikit lebih mahal sih, tapi sedikit lebih mahal itu juga buat saya worth it buat dikeluarin karena KYT Enduro unggul soal kenyamanan dan soal visor dia juga unggul, lebih praktis walaupun jenisnya sama-sama non flat visor.

Buat MDS sendiri kayanya dia enggak punya bagian yang benar-benar unggul mutlak dari KYT. Kalau ada yang unggul mungkin itu udah soal selera banget ya, kayak disainnya. Kalau soal perbandingan yang bisa diukur pake angka MDS cuma menang di soal harga aja.

Komparasi KYT Enduro dan MDS Super Pro


Spek KYT ENDURO MDS SUPER PRO
Material ADT Resin Injection Thermoplastic Thermoplastic Injected
Berat 1450 +- 50 gram 1600 +- 50 gram
Chin Strap DD Ring DD Ring
Jenis & Material Visor Non Flat Polycarbonate Non Flat Polycarbonate
Mekanisme Visor Ratchet (quick release) Baut
Visor Optic Class 1 n/a n/a
Antifog Ready n/a n/a
Tear Off Ready n/a n/a
Double Visor Yes Yes
Shell Size 1 1
Removable & Washable Inner Liner Yes Yes
Removable & Washable Cheek Pads Yes Yes
Multipoint Ventilation Yes Yes
Mouth Vent Yes Yes
Front Vent n/a n/a
Top Vent Yes Yes
Rear Vent Yes Yes
Standar S,D S,D
Glasess Fit n/a n/a
Intercom Ready n/a n/a
Nose Guard n/a n/a
Chin Curtain Yes Yes
Spoiler Yes Yes
Size tersedia S,M,L,XL S,M,L,XL
Harga mulai dari Rp 480.000 Rp 450.000

Tabel Note:
  • Standar : S = SNI. D = DOT.

Demikian artikel soal perbandingan KYT Enduro dan MDS Super Pro. Share kalau Anda suka dengan artikel ini, silahkan komentar kalau Anda punya penilaian sendiri dan Kita ketemu lagi di artikel selanjutnya.