Cara Merawat dan Membersihkan Helm Warna DOFF dengan Mudah
Cari Berita

Advertisement

Cara Merawat dan Membersihkan Helm Warna DOFF dengan Mudah

Jundi Alfaruqi
Tuesday, 26 February 2019

Cara Merawat dan Membersihkan Helm Warna DOFF dengan Mudah

Dulu sebelum admin tau nama warna doff, admin sering nyebutnya dengan sebutan warna kusam. Tapi memang benar loh helmet lovers, warna doff ini  kelihatan seperti warna kusam.

Nah siapa nih helmet lovers yang suka dengan helm warna doff?

Yap helm dengan cat warna doff emang terlihat keren dan unik sob. Apalagi di tambah dengan visor iridum blue atau mirror, waah makin mantul bener dah..

BACA JUGA : Review : KYT Dj Maru VS KYT Galaxy Slide, Pilih Mana?

Saat ini warna doff sedang banyak peminat dan menjadi tren. Warna doff memang keren sob tapi perawatan dan cara membersihkan helm dengan warna doff tidak bisa sembarangan.

Nah buat teman-teman helmet lovers yang punya helm warna doff, berikut ini adalah cara merawat dan membersihkan helm warna doff yang baik dan benar.

1. Segera Keringkan


Setelah terkena air, melibas hujan atau pun dicuci, helm doff harus segera dikeringkan. Jika tidak, akan muncul bercak-bercak air atua water-spot yang susah dihilangkan.

Selain itu, permukaan helm akan menjadi lembab. Dengan demikian, permukaan helm akan lebih mudah berubah warna dan berpotensi terkena jamur.

2. Jangan Dijemur


Sebenarnya cara ini juga berlaku untuk helm glossy. Pasalnya, paparan sinar matahari secara terus menerus akan membuat warna cepat berubah.

Helm pun akan panas sehingga cat akan retak secara perlahan serta kurang nyaman saat digunakan, terlebih pada helm hitam doff yang cenderung menyerap panas.

3. Tempat Penyimpanan


Jika helm tak digunakan, simpan di tempat yang kering. Cat doff memiliki permukaan yang berbeda sehingga berpotensi mendatangkan jamur jika disimpan di tempat lembab dan dingin dalam waktu lama.

4. Cairan Berbahaya


Hindarkan helm dari cairan atau bahan berbahaya, seperti bensin, thinner, dan bahan keras lainnya. Beberapa cairan tersebut dapat merusak warna, mengelupas cat, atau bahkan membuat permukaan helm menjadi lebih lunak.

BACA JUGA : Catat Waktu dan Tempat Acara Jakarta Helmet Exhibition (JHE) 2019, Bakal Banyak Diskon Helm-helm Keren

Cara Membersihkan Helm Doff


1. Bersihkan permukaan helm dengan kain halus (microfiber) dan bersih secara lembut. Kenapa harus kain halus? karena pemukaan cat doff itu kasar sob, kalau pakai kain kasar justru bisa menyebabkan gores pada helm.

Note : Sangat disarankan memakai kain microfiber.

2. Semprotkan cairan pembersih khusus helm ke kain tadi lalu oleskan rata kepermukaan helm. Sobat bisa menggunakan cairan khusus pembersih helm atau air bersih biasa.

Nah, sedikit tips nih bagi sobat yang ingin membeli cairan pembersih helm. Ada dua jenis cairan pembersih yang dijual dipasaran, cairan yang tidak mengandung minyak (water base) dan cairan yang mengandung minyak (oil base).

Untuk membersihkan kotoran biasa seperti debu atau minyak yang menempel, lebih disarankan menggunakan cairan yang water base.

Kalau kotoran yang menempel susah hilang, gunakan cairan yang mengandung oil untuk membersihkannya.

3. Keringkan helm menggunakan kain yang halus dan bersih.

BACA JUGA : Cara Mengukur Lingkar Kepala Agar Kita Tau Ukuran Helm yang Pas

Cara menghilangkan baret halus pada helm Doff


Warna doff tidak ada lapisan anti goresnya (pernish) sob jadinya warna ini memang cendrung lebih mudah gores ketimbang warna glossy yang sudah dilapis clear.

Kalau helm doff sobat tergores, khusus gores-gores halus ya sob. Sobat bisa menghilangkan baret tersebut menggunakan cairan khusus pembersih helm. Atau kalau tidak ada sobat bisa pakai alternatif menggunakan cairan baygon.

Caranya semprotkan baygon ke selembar tisu lalu oleskan ke pemukaan helm yang gores.

BACA JUGA : Pilihan Warna Helm KYT K2 Rider Terbaru