,

Jenis-jenis Intercom Helm

Jundi Alfaruqi
16 Sep 2022, 10:59 WIB Last Updated 2022-09-16T07:15:27Z
Jenis-jenis intercom helm


Meski secara merk ada begitu banyak, namun berdasarkan jenisnya Intercom helm terdiri dari tiga jenis yakni Intercom Universal, Intercom Coustum Fit, dan Intercom Built-in. Lantas, apa saja hal yang membedakan ketiga jenis Intercom ini? Berikut penjelasannya yang telah kami rangkum dari SNAIL Helmet.


Macam Jenis Intercom untuk Helm


1. Intercom Universal


Intercom jenis universal (sena 30k)
Gambar : Intercom Sena 30K (advpulse.com)


Intercom ini adalah jenis intercom yang paling umum digunakan karena keunggulannya bisa dipakai secara umum diberbagai jenis dan merk helm apapun.


Untuk kelengkapan perangkatnya, Intercom Universal terdiri dari speaker, mic, dan device intercom itu sendiri. 


Pada intercom universal semua part intercom harus kita pasang secara manual, dengan mengikuti panduan yang telah diberikan tentunya.


Meski pemasangan intercom ini sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri, namun ada beberapa helm yang tidak support intercom (intercom ready) sehingga harus sedikit dipaksa untuk melakukan penyesuaian atau istilahnya dimodifikasi.


2. Intercom Costum Fit


Intercom jenis costum fit
Gambar : Sena 20S EVO


Hanya dipasang di merk atau tipe helm tertentu saja karena modulnya sudah dirancang khusus sehingga "Costum Fit" untuk helmnya.


Part intercom dirancang sedemikian rupa untuk mengikuti bentuk dari helm yang digunakan, atau dengan kata lain, intercom ini di desain khusus untuk tipe helm tertentu saja. 


Secara fungsi, intercom jenis costum fit sama saja seperti Intercom universal. Keduanya memiliki fungsi yang sama selayaknya intercom pada umumnya. Hal yang membedakan adalah, jenis intercom ini hanya dirancang untuk dipasang pada merk atau tipe helm tertentu saja.


Salah satu contoh Costum Fit adalah intercom SENA 10U dengan beragam fitting untuk beberapa helm.


3. Intercom Built-In


intercom built-in Shockwave ruroc atlas
Pemasangan Shockwave bluetooth intercom pada bagian belakang helm Ruroc Atlas


Ada juga pabrikan yang merancang intercom versinya sendiri untuk helm produksi mereka, seperti merk Ruroc dengan teknologi dan fitur intercomnya yang disebut Shockwave. 


Jenis ini sebenarnya bisa digolongkan costum fit, karena hanya dapat digunakan untuk tipe helm Ruroc.


Shockwave adalah aksesoris resmi Ruroc, intercom ini dipasang dibagian belakang pada helm Ruroc Atlas. 


Pemasangannya yang sudah di desain sedemikian rupa, membuat device intercom tidak terlihat sehingga helm jadi terlihat simple dan ringkas. Selain itu, tanpa aksesoris ekternal yang terpasang diluar, resiko cedera bisa diminimalisir.


Dari tiga jenis intercom yang sudah kita bahas di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa intercom bisa dipasang di helm apapun baik full face ataupun half face, tetapi tidak semua helm dipasang intercom secara langsung.


Untuk helm yang tidak memiliki slot speaker intercom, kalian bisa memodifikasi EPS pipi sedikit, dengan melubangi sisi bagian telinga untuk tempat speaker.


Atau tanpa melubangi EPS juga bisa, tetapi fitting saat memakai helm akan terasa sedikit berbeda, terutama pada bagian telinga akan terasa sedikit tertekan karena speaker intercom yang menonjol keluar.