3 Alasan Microlock Lebih Bagus daripada DD Ring
Cari Berita

Advertisement

3 Alasan Microlock Lebih Bagus daripada DD Ring

Jundi Alfaruqi
Thursday, 25 July 2019

Tali pengaman atau yang biasa disebut chinstrap adalah bagian yang tidak terpisahkan dari helm. Chinstrap berperan dalam menjaga keamanan dan keselamatan saat mengenakan helm.

Fungsinya adalah menjaga helm agar tetap terikat kuat sehingga memastikan helm tetap menjaga kepala pengendara dengan baik.

Microlock NHK GP 1000

Secara umum chinstrap helm terbagi menjadi tiga jenis dengan bentuk, kualitas dan tingkat keamanan yang berbeda-beda,

  • Quick Buckle (Quick Release)
  • Microlock / Micro Metric
  • Double D Ring

Baca Juga: Manfaat Memakai Balaclava di Helm

Quick buckle adalah chinstrap helm model klik yang memiliki tingkat keamanan paling rendah. Model quick buckle ini tergolong mudah rusak dan tidak aman karena mudah lepas.

Quick buckle sendiri sudah mulai ditinggalkan dan jarang ditemukan di helm keluaran terbaru saat ini. Jika sobat ingin mencari helm yang masih memakai chinstrap jenis quick buckle, mungkin sobat bisa mencari helm keluaran lama.

Dua chinstrap selanjutnya adalah yang paling banyak digunakan saat ini yaitu microlock dan DD Ring.

Kedua chinstrap ini kerap menuai perdebatan pro dan kontra dikalangan pecinta helm.

Memang benar kalau DD ring adalah jenis chinstrap yang paling aman, buktinya chinstrap model inilah yang boleh digunakan sebagai standar dihelm balap bahkan hingga kelas dunia MotoGP.

Baca Juga: Perbandingan KYT Venom Open dan KYT NF-J dari Segi Desain, Harga, Fitur, dan Spesifikasi

Namun hal ini tidak mentah-mentah menjadikan jenis microlock kalah bagus dari DD Ring. Dan berikut ini adalah alasan yang tidak terbantahkan dan membuktikan Microlock bisa lebih baik daripada DD Ring.

Mudah Digunakan


Tidak perlu belajar atau adaptasi lagi seperti saat memakai DD Ring, microlock dirancang mudah digunakan. Bahkan sambil jalan di atas motor pun menggunakan satu tangan sudah bisa memasangnya dengan mudah.

Simple dan Praktis


Cara kerja microlock sangat sederhana, tinggal masukkan pengait ke dalam lubang pengait selanjutnya microlock akan mengunci secara otomatis.

Cocok Buat Daily Ride


Ada banyak orang yang kesehariannya tidak lepas dari motor atau selalu naik turun dari motor seperti gojek, tukang pos dll.

Dengan sistem mocrolock akan mempermudah aktivitas setiap kali harus melepas dan memasang chinstrap helm.

Baca Juga: Review: Cobain Langsung Helm Cross Murah 400 Ribuan Double D Ring